Ini Pertolongan Pertama pada Penderita Demam Berdarah

Nyamuk penyebab demam
Sumber :
  • Reuters
VIVA.co.id -
Waspada DBD, Nyamuk Tak Mempan Lagi Fogging
Memasuki perubahan musim seperti yang sedang terjadi saat ini, banyak penyakit bisa mengancam kesehatan tubuh. Salah satu penyakit yang paling mengkhawatirkan, ialah demam berdarah dengue atau yang kita kenal dengan DBD.

Makanan Ampuh Tingkatkan Trombosit saat Terkena DBD

Penyebaran penyakit ini dapat terbilang sangat pesat, sehingga diperlukan cara untuk mencegah penyebarannya. Selain mencegah, hal yang harus dilakukan ialah dengan melakukan pertolongan pertama pada korban DBD, agar gejalanya tidak semakin parah. Dari laman RSUD Dr Harjono S Ponorogo, kami rangkum beberapa cara yang dapat dijadikan langkah pertolongan pertama pada penderita DBD:
Kementerian PU dan KLH Diminta Turun Tangan Berantas DBD


Minum air sebanyak-banyaknya


Penyakit DBD masuk ke dalam tubuh melalu aliran darah. Virus Dengue yang masuk lewat aliran darah tersebut kemudian menyerang sistem imun, dan menjalar ke sistem lain dalam tubuh yang ikut lemah. Untuk membantu membersihkan aliran darah yang tersemar virus, dianjurkan untuk memberi pasien terduga air putih sebanyak-banyaknya.


Menurunkan deman dengan kompres


Ketika gelaja DBD masuk ke tahap yang muali parah, penderita akan terserang demam tinggi. Untuk menghentikan gejalanya, berikanlah kompres pada anak yang terserang demam agar suhu tubuhnya turun. Selain mengompres, Anda juga bisa memberi obat penurun panas pada penderita DBD yang sedang demam. Dengan demam yang sedikit berkurang, maka gejala DBD juga dapat dikurangi dan pulih segera.


Periksakan ke dokter


Jika dalam waktu lebih dari 3 hari demam tidak turun, dan disertain dengan muntah-muntah, maka itu adalah tanda bahwa gejala DBD sudah memasuki tahap yang sudah parah. Segeralah periksakan diri Anda ke dokter agar penanganaannya dilakukan sesegera mungkin. Semakin cepat diagnosisnya, akan semakin baik penangananya, yang bisa menjauhkan Anda dari risiko paling buruk dari BDB, yaitu kematian.


Pertolongan pertama pada DBD ini adalah hal yang menentukan level DBD yang Anda derita. Untuk pencegahan yang lebih baik, pertolongan pertama ini dapat sangat menjadi panutan yang baik.


Baca juga:







Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya