Manfaat Teh Hijau Dapat Sembuhkan Kanker Rongga Mulut

Ilustrasi bedah mulut
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Melawan kanker, bukanlah perkara yang mudah dan murah. Serangkaian jenis pengobatan harus dilakukan untuk mencegah perkembangan sel berbahaya pencabut nyawa ini. Selain tindakan medis, pencegahan kanker juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan kebaikan alam, salah satunya dengan mengambil khasiat dari teh hijau.

Sebuah penelitian di Pennsylvania State University membuktikan bahwa khasiat dari teh hijau, mampu membunuh sel kanker yang bersarang di rongga mulut. Sel kanker yang terbasmi ini juga tidak akan menjangkiti sel-sel lain dalam mulut yang tidak terinfeksi. Setelah penelitiannya dikembangkan, kebaikan dari teh hijau ini juga terbukti dapat menyembuhkan kanker lain yang bersarang di dalam tubuh.

Kandungan Epigallocateching 3-Gallate (EGCC) dalam teh hijau lah yang menurut para peneliti ampuh membunuh sel kanker yang bersarang pada rongga mulut, yang juga bisa diterapkan untuk jenis kanker lain. Kandungan tersebut terbukti dapat merusak mitokondria sel kanker, yang membuat sel kanker menjadi rusak, dan mati.

Times of India melansir, walaupun terbukti membunuh sel kanker tanpa merusak sel normal lain, para peneliti hingga kini masih belum bisa memetakan bagaimana kerja teh hijau tersebut, sehingga bisa membunuh hanya sel kanker.

Biskuit Varian Teh Hijau, Seperti Apa Rasanya?

"Kami para peneliti masih belum menemukan sistem kerja dari teh hijau, sehingga bisa langsung menyerang dan membasmi sel kankernya, tanpa mengenai sel lainnya. Penelitian ini masih kami kembangkan," ujar Joshua Lambert, profesor dari Pennsylvania State University yang mengepalai penelitian ini.

Joshua menerangkan, kandungan EGCC ini disinyalir membentuk sebuah gugusan baru mengandung oksigen yang hanya bisa masuk dan merusak sel kanker. "Jadi, kandungannya tidak bekerja pada sel normal biasa, jadi sel normal tidak akan dibunuh dan dibasmi oleh EGCC ini," Joshua menjelaskan.

Yang jelas, kandungan baik dalam teh hijau ini telah terbukti dapat meningkatkan produksi aktif sel yang meningkatkan cara kerjanya juga. (art)

Baca juga:

Tujuh Jenis Teh Ini Berkhasiat untuk Merawat Rambut
teh hijau

Ketahui Beragam Manfaat Teh Hijau Matcha bagi Kulit

Matcha dianggap sebagai teh hijau terbaik.

img_title
VIVA.co.id
30 Juli 2016