Kini, DBD Bisa Diketahui Lewat Air Liur

Gigitan nyamuk
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Sebuah penelitian terbaru menemukan sebuah alat yang bisa digunakan untuk mendeteksi kandungan antibodi virus Dengue melalui air liur, yang mampu bekerja dalam waktu 20 menit saja. Alat yang digunakan ini sangat ramah lingkungan karena berbahan dasar dari kertas.

Makanan Ampuh Tingkatkan Trombosit saat Terkena DBD

Penelitian ini dilakukan oleh para ahli yang berasal dari The Institute of  Bioengineering dan Nanotechnology (IBN). Penelitian ini baru memiliki pengembangan awal dan masih menantikan penelitian tambahan. Alat ini bersifat sekali pakai, sehingga tidak membahayakan penderita lain.

Virus Dengue ini, merupakan virus yang berperan dalam munculnya gangguan Deman Berdarah Dengue (DBD) yang masuk dalam kategori penyakit yang dapat memicu kematian. Oleh sebab itu, alat ini sangatlah berguna jika dikembangkan.

Kementerian PU dan KLH Diminta Turun Tangan Berantas DBD

Times of India melansir, kinerja alat deteksi ini dapat memperlihatkan karakteristik virus Dengue, apakah primer, atau sekunder. Dengan terlihatnya karakteristik virus tersebut, tenaga medis nantinya akan lebih mudah melakukan tindakan yang tepat dengan kelas dari virus Dengue itu. 

Selain untuk mendeteksi virus Dengue, yang menyebabkan penyakit DBD, alat ini juga bisa mendeteksi adanya virus lain seperti HIV AIDS dan sifilis. Namun, perkembangannya masih akan terus dilakukan agar efeknya semakin bagus dan bisa mencegah perkembangan virus berbahaya tersebut di dalam tubuh. (art)

Cerita Jusuf Kalla Soal Walikota Gagal

Baca juga:

 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya