Lima Hal Ini Bikin Wanita Merasa Bersalah

Wanita stres.
Sumber :
  • istockphoto

VIVA.co.id - Sebuah penelitian membuktikan, hampir 90 persen wanita merasakan rasa bersalah setidaknya satu kali dalam sehari. Rasa bersalah tersebut kemudian meninggalkan beban, yang sedikit banyak mengganggu aktivitas hariannya.

Bright Vachirawit Konfirmasi Hubungan Asmaranya dengan Nene Pornnapan

Datangnya rasa bersalah ini juga bisa membuat berkurangnya semangat dan rasa percaya diri pada wanita.  Lalu apa saja penyebab munculnya rasa bersalah yang dirasakan wanita? Berikut ulasannya menurut Times of India:

Kurangnya waktu bersama anak

Setiap ibu tentunya tidak ingin melewatkan sedetik pun perkembangan anak yang dicintai. Namun bila sang ibu memiliki tuntutan karier, pasti masalah anak mau tak mau dikesampingkan. Nah hal inilah yang seringkali mengganjal perasaan wanita, khususnya yang berkarier di luar rumah. Rasa bersalah ini tak jarang membuat wanita jadi pendiam, dan cenderung melamun di tengah-tengah sibuknya kerja.

Berat badan tak kunjung turun

Hal ini adalah momok yang paling sering mengganjal perasaan wanita, dan meninggalkan rasa bersalah dalam perasaannya. Rasa bersalah yang muncul karena bobot tubuh yang tak kunjung turun ini, bisa merusak rasa percaya diri wanita, dan menjadikannya lebih sensitif. Selain itu, rasa bersalah ini juga bisa berpengaruh dengan jadwal dan porsi makan sang wanita yang bisa berubah.

Boros

Rasa bersalah ini biasanya muncul ketika memasuki pertengahan bulan. Beberapa wanita biasanya baru menyadari banyaknya uang yang dihabiskan saat uang gajian baru keluar. Rasa ini akan membuat wanita memutuskan untuk berhemat. Namun untuk beberapa yang nekad, meminjam uang pada keluarga dan kerabat bisa menjadi keputusan yang tepat.

Terlambat

Seringkali terlambat ketika datang ke kantor atau saat mengahadiri acara penting, juga bisa memunculkan rasa bersalah pada wanita. Sebab sebagian besar wanita pada umumnya adalah pemikir. Mereka akan merasa bersalah dan mencoba untuk meminta maaf atas keterlambatannya, berkali-kali. Sebagian dari mereka hanya ingin memastikan bahwa sang empunya acara, memaklumi keterlambatannya.

Menolak

Menolak ajakan atau pernyataan cinta dari seseorang, juga bisa membuat rasa bersalah timbul dalam pikiran seorang wanita. Rasa bersalah ini muncul karena sang wanita memikirkan perasaan dari orang yang dia tolak.

Mereka juga biasanya akan meminta maaf pada orang yang ajakannya atau pernyataan cintanya ditolak, namun beberapa ada yang menarik diri dan menghindari kontak dengan yang ditolaknya.

Melahirkan Berulang Kali Dapat Menjadi Risiko Kanker Serviks, Benarkah?

Baca juga:


Warga Iran Kini Dapat Kembali Berangkat Umrah Setelah 9 Tahun, Hal Ini Jadi Penyebabnya




Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya