Cara Cerdas Bunda Menjaga Nutrisi si Kecil

Orang tua suapi anak.
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Memberi nutrisi pada anak di masa tumbuh kembang, adalah hal yang bisa dibilang menantang bagi para ibu. Pasalnya, kandungan nutrisi lengkap yang baik bagi anak, biasanya terkandung dalam buah dan sayur, yang sayangnya kurang diminati anak-anak.

Jika kebutuhan nutrisi tak terpenuhi, dampaknya bisa berbahaya untuk kesehatan dan kelancaran tumbuh kembangnya. Namun ada cara yang bisa dilakukan untuk menarik minat si kecil pada buah dan sayur, sesuatu yang baik bagi kesehatannya.

Dokter RA Setyo Handryastuti menjelaskan, membutuhkan peran kreatif orang tua, khususnya ibu, untuk pintar-pintar memutar otak agar si anak mau melahap makanan bergizi.

"Kreativitas ibu menjadi hal yang krusial pada anak yang sulit makan, apalagi untuk sayur dan buah. Jika pengetahuan dan kreativitas ibu tidak memadai, maka kesehatan anak jadi taruhannya," ujar Handry, di acara merayakan 100 tahun karier Wyeth Nutrition di Jakarta, Kamis, 12 Februari 2015.

Pemenuhan gizi melalui makanan sehat ini memerlukan kreativitas ibu dalam memilih bahan dan memilih cara menyajikan bahan tersebut pada si kecil. "Para ibu biasanya berlomba memberikan bahan makanan yang mahal seperti buah dan sayur impor.

Ayah Mahalini Ungkap Sifat Asli Putrinya, Tak Seperti yang Disangka Netizen

Namun sebenarnya, sayur-sayuran lokal seperti bayam dan kangkung, juga memiliki kandungan yang bagus untuk anak. Semua tergantung cara ibu menyajikan untuk si kecil," tambahnya.

Handry mengatakan, beberapa paket dan cara penyajian makanan juga bisa dijadikan siasat, menarik minat anak untuk makan. Dengan mengkreasikan sarapan dan bekal sekolah dengan ikon dan tokoh tematik yang disukai, minat anak akan lebih meningkat dan memunculkan nafsu makannya.

Selain itu, kebijakan ibu juga dibutuhkan agar keseimbangan nutrisi tetap terjaga, dan anak tetap cukup makan. Caranya, bisa dilakukan dengan memberi porsi makan yang cukup. "Beri makan saat lapar, berhenti saat kenyang. Sehingga siklus lapar dan kenyang anak jauh dari risiko malas makan," ungkap Handry.  

Kata Pelatih Guinea Usai Kalahkan Timnas Indonesia U-23 dan Lolos Olimpiade 2024

Baca juga:


Suami Selingkuh, Tengku Dewi: Tau Diri Aja Udah Mau jadi Bapak Anak 2 Masih Begitu!
Ilustrasi makan

Ketahui Porsi Makan Wajib untuk Si Kecil

Ini penting untuk tumbuh kembang buah hati

img_title
VIVA.co.id
3 Agustus 2016