Sisihkan 10 Menit Waktu Kerja Anda untuk Olahraga

Olahraga bersama pasangan.
Sumber :
  • VIVAlife
VIVA.co.id - 
Manfaat Sehat Jalani Peregangan Tubuh Secara Rutin
Jika Anda merasa pekerjaan membuat Anda seakan-akan tidak bersemangat lagi, maka Anda tidak sendiri. Sebagian orang merasakan hal yang sama. Mereka menganggap pekerjaan membuat lelah, stress dan lemak semakin menumpuk. Benarkah?

Olahraga yang Baik untuk Dapatkan Jantung Sehat
Kebanyakan orang menganggap jika lelah bekerja justru menghabiskan waktu dengan mengkonsumsi junk food, alkohol, dan rokok. Tentu hal ini akan menyebabkan obesitas, selain karena kurangnya latihan fisik. Padahal cukup 10 menit saja berolahraga dapat menyehatkan tubuh dari lelahnya bekerja.

Pengakuan Dian Sastro soal Bajunya yang Longgar
British Heart Foundation melakukan penelitian dalam rangka Heart Month pada bulan Februari. Mereka meminta sejumlah karyawan untuk menghabiskan 10 menit saja berolahraga demi gaya hidup sehat mereka.

Ternyata, sebanyak 40 persen dari mereka menganggap pekerjaan memberi dampak negatif selama lima tahun terakhir, dan mereka sangat stres.

Lebih dari sepertiga mengatakan bahwa pekerjaan membuat mereka semakin gemuk karena mengkonsumsi makanan tidak sehat. Sementara, seperempat dari karyawan itu juga mengatakan bahwa alkohol dan kecanduan yang berat terhadap rokok juga dampak negatif bekerja.

Obesitas diakibatkan karena kurangnya aktivitas fisik. Rokok juga menyebabkan risiko penyakit jantung koroner, salah satu pembunuh terbesar di Inggris. 

Tekanan pekerjaan membuat para karyawan memiliki masalah kesehatan. Sebanyak 29 persen di antara mereka bisa menderita tekanan darah tinggi dan 21 persen terkena serangan jantung.

Bagi mereka itu adalah dampak stres pekerjaan. Mereka juga kurang berolahraga karena hampir seluruh waktu tersita hanya untuk bekerja. Hasil penelitian juga menemukan sebanyak 60 persen para karyawan melakukan lembur tanpa bayaran. Lebih dari 5 jam lembur yang mereka lakukan dalam seminggu.

Seperti yang dilansir dari DailyMail, Lisa Young dari British Heart Foundation mengatakan, “Penelitian ini ditujukan karena mengingat apa yang terjadi ketika kita tidak menjaga kesehatan saat serius bekerja.”

“Jutaan orang memilih rokok, kurang berolahraga. Obesitas karena dampak dari pekerjaan mereka sehingga kesehatan jantung terganggu. Urusan pekerjaan tentu akan terganggu juga,” tambah Lisa.

Lisa juga mengatakan bahwa ada langkah-langkah sederhana yang dapat dilakukan untuk membuat perubahan positif bagi kesehatan para pekerja. Heart Month bekerja sama dengan beberapa organisasi di Inggris untuk mendorong karyawan agar hidup sehat. Cukup 10 menit melakukan perubahan positif setiap hari bagi kesehatan mereka.

British Heart Foundation menyerukan kepada pengusaha dan karyawan untuk bergabung dalam Program Kerja dan Sehat yakni Tantangan 10 Menit Heart Month yang dimulai pada tanggal 16 Februari.

Baca juga:


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya