Tips Ampuh Lawan Rasa Sakit Ketika Menstruasi

Perut kembung.
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Bagi beberapa wanita, masa menstruasi bisa jadi salah satu masa yang amat panjang dan menyakitkan. Pasalnya, di masa inilah semua kegiatan yang menjadi agenda harian, terganggu akibat efek samping yang muncul. Misalnya sakit perut menyiksa, nyeri pada bagian tubuh, hingga pergolakan emosi yang tak bisa dikira.

Oleh karena itu, sebaiknya para ladies siap-siap mencegah datangnya efek samping menstruasi, agar sakit dan rasa tak nyaman tidak menghampiri. Lantas apa saja yang bisa dilakukan? Ini ulasannya menurut Times of India.

Jaga makan

Selama masa menstruasi, asupan yang masuk ke dalam tubuh wanita, menentukan lancar atau tidaknya menstruasi tersebut. Jadi jika sembarangan makan, bisa jadi siklus mens jadi tersendat dan tidak selancar biasanya.

Hubungannya Diduga Retak karena Orang Ketiga, Begini Kata Syifa Hadju Soal Perselingkuhan

Oleh karena itu, dibutuhkan pola makan yang teratur dan pilihan makanan yang sehat. Pilihlah sayur atau buah, yang bisa melancarkan aliran darah yang membuat haid jadi lebih nyaman.

Awasi kebersihan

Saat sedang haid, seorang perempuan harus menjaga kebersihan. Pasalnya, haid adalah saat tubuh mengeluarkan racun melalu darah haid yang keluar.

Jika kebersihan tubuh tidak terjaga, bisa-bisa bakteri dan kuman yang terkandung dalam darah haid, mencemari kesehatan tubuh dan semakin membuat masa menstruasi jadi tidak nyaman.

Ubah cara berpakaian


Menjaga kenyamanan tubuh saat sedang datang bulan adalah salah satu faktor penting, yang bisa membuat masa menstruasi lebih nyaman. Untuk itu gunakanlah pakaian yang tidak berlapis dan tebal saat sedang haid.

Yandri Klaim Seluruh DPW dan DPD PAN Ingin Zulhas Kembali Ketua Umum

Selain itu, hindari penggunaan celana bahan jeans yang ketat, karena akan membuat Anda tak nyaman, bahkan dapat meninggalkan iritasi atau bekas di permukaan kulit.


Baca juga:

Bagi Mardani Ali Sera, PKS Harus Oposisi: Kita Beda dengan 02, Landasan Berpikir dan Asumsinya






Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya