Cara Menambah Bobot yang Aman Bagi si Kurus

Timbangan berat badan.
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id – Punya tubuh kurus, mungkin memalukan bagi beberapa orang. Oleh karena itu, banyak orang kurus yang memutuskan untuk melakukan berbagai latihan, agar tubuh mereka terlihat lebih gemuk dan bugar. Namun, apakah cara yang dilakukan sudah benar?

Menaikkan berat badan, sebenarnya membutuhkan olahraga khusus, terlebih jika Anda ingin memiliki tubuh bugar dengan otot kencang. Olahraganya pun tak sembarangan, meski juga tak boleh berlebihan.

Menurut Vinod Channa, seorang instruktur kesehatan, olahraga khusus menaikkan berat badan tidak boleh dilakukan berlebihan. "Lakukan maksimal tiga kali berturut-turut dalam satu minggu, agar otot masih memiliki waktu beristirahat," ujarnya, dilansir dari Times of India.

Jika dilakukan berlebihan, olahraga ini bukannya meningkatkan bobot tubuh dan mengencangkan otot, tapi malah mencederai tubuh. Sebab, tubuh yang kurus itu cenderung ringkih dan sensitif.

Untuk memberi energi dan stamina bagi si kurus, penting sekali untuk meminum jus atau minuman energi sebelum olahraga. Sebab, jika tidak, tubuh bisa mudah letih hingga menyebabkan dehidrasi.

Jeep Rubicon Mario Dandy Dilelang dengan Harga Limit Rp809 Juta, Intip Spesifikasinya

Selain berolahraga dengan benar, makanan sehat juga menjadi kunci penting lain dalam kebugaran tubuh bagi si kurus. "Banyak yang berpikir, cara cepat untuk gemuk adalah sering makan, dan memakan menu apa saja. Tapi pemikiran itu salah. Makan juga harus tetap diatur dan diawasi," lanjut Vinod.

Intensitas makan untuk si kurus yang ingin bugar, sebaiknya dilakukan sebanyak enam kali dalam sehari. Makanan yang dimakan pun, harus yang mengandung nutrisi penting, seperti karbohidrat, protein, serat, dan lemak esensi.

"Makan dengan kandungan sehat tersebut setiap 2 - 3 jam sehari. Jangan coba-coba makan junk food, karena akan membuat kebugaran terganggu," saran Vinod.

Pesan Vicky Prasetyo Jika Meninggal Dunia, Minta Hal Ini ke Keluarga

Baca juga:

Intip Peluang Timnas Indonesia Lolos ke Perempat Final Piala Asia U-23
Pelita Air datangkan Airbus 320.

Pelita Air Klaim Tak Ada Kendala saat Angkut Penumpang Arus Balik Lebaran 2024

Corporate Secretary Pelita Air, Agdya Yogandari mengatakan, Pelita Air berhasil mencapai rata-rata tingkat ketepatan waktu penerbangan saat arus balik Lebaran Idul Fitri.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024