Atasi Masalah Perubahan Emosi Ibu Hamil, Ini Triknya

Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id -Wanita hamil sering mengalami perubahan emosi. Hal ini dipoengaruhi oleh hormon selama masa kehamilan.

Namun, ada tips sehat untuk mengatasi maslah emosi ibu hamil, yakni melakukan gerakan senam khusus ibu hamil.

“Menjawab kebutuhan ibu hamil untuk dapat menjaga kesehatan fisik dan emosi, Anmum Materna menghadirkan Senam Anmum Yophytta yang merupakan gabungan gerakan-gerakan yoga, hypnotherapy, pilates dan tai chi," kata dr Muliaman Mansyur, Head of Medical Sales Fonterra Brands Indonesia, menjelaskan lewat email pada VIVA.co.id.

Gerakan-gerakan ini, katanya sangat baik dan bermanfaat menjaga kondisi fisik dan emosional ibu hamil sesuai dengan perubahan yang terjadi selama kehamilan.

Ketua Umum Persatuan Obstetri Ginekolog Indonesia (POGI), dr Nurdadi lebih lanjut  juga menekankan, latihan olah fisik, seperti senam untuk ibu hamil, membantu untuk memberikan ketenangan (relaksasi) pada ibu saat menjalani proses kehamilan.

"Oleh karenanya, POGI menyambut baik dan mendukung adanya Senam Anmum Yophytta untuk ibu hamil, karena terbukti mampu mempertahankan kemampuan ibu hamil untuk berpikir lebih positif, tenang, tidak stress, menjaga emosi lebih stabil, mengurangi morning sickness serta gejala-gejala mengkhawatirkan selama kehamilan."

Selain itu, senam tersebut juga dapat memperkuat otot-otot panggul dan elastisitas dinding perut, sehingga membantu ibu menghadapi proses persalinan. Secara emosional, senam ini dapat meningkatkan ikatan hubungan ibu dan bayi serta memberikan pikiran positif dalam menghadapi proses kelahiran.

Berbagai macam manfaat lainnya dari Senam Anmum Yophytta yang dapat dirasakan ibu hamil adalah dapat memperbaiki sirkulasi darah, mengurangi bengkak-bengkak, meningkatkan keseimbangan otot-otot, mengurangi risiko gangguan gastrointensitenal - termasuk sembelit, mengurangi kejang kaki atau kram, menguatkan otot perut; serta mempercepat penyembuhan setelah kehamilan.

Pernah Menjalani Operasi, Wanita akan Mudah Hamil

Ilustrasi kehamilan.

Penyakit Ini Picu Kematian Wanita saat Persalinan Meningkat

Penderita jantung dan diabetes di kalangan wanita kini sangat banyak.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016