Kebiasaan yang Bikin Kesehatan Terancam

Ilustrasi kuku.
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Menjaga kesehatan tubuh berbanding lurus dengan menjaga pola hidup. Karena gaya hidup adalah salah satu kunci penyebab rusaknya kesehatan tubuh. Terdapat pula beberapa kebiasaan yang tanpa sadar, jika sering dilakukan akan mengganggu kesehatan.

Pakai Uang Palsu Beli Narkoba dan Punya Senpi Rakitan, Pecatan TNI AL di Lampung Ditangkap

Apa saja kebiasaan tersebut? Ini penjelasannya menurut Times of India:

Mengorek hidung


Mengorek hidung atau yang biasa dikenal dengan istilah 'ngupil', adalah salah satu kebiasaan yang harus segera dihentikan atau minimal dikurangi. Pasalnya, selain tidak sopan dan terlihat menjijikan, kebiasaan mengorek hidung bisa menimbulkan penyakit seperti deman, flu dan batuk, hingga menipisnya dinding rongga hidung yang menyebabkan iritasi. Jadi segera hentikan kebiasaan tersebut sebelum Anda berakhir di klinik atau rumah sakit setempat karena kebiasaan konyol ini.

Membawa Tas yang terlalu berat


Kesibukan dan banyakannya kegiatan, rata-rata membuat beberapa orang rela menggunakan tas besar dan berat yang berisi barang-barang yang dibutuhkan. Namun, walau bisa menghemat waktu karen tidak harus bolak-nalik, kebiasaan membawa tas yang terlalu berat dapat berbahaya bagi kesehatan, untuk itulah kebiasaan tersebut harus dihentikan.

Sebab, kebiasaan ini bisa mendatangkan keluhan seperti nyeri punggung, nyeri leher, hingga gangguan pada tulang. Dalam kasus anak-anak, kebiasaan membawa tas yang berat ke sekolah bisa menyebabkan ganggunag seperti skeliosis, yang membahayakan proses tumbuh kembangnya.



Menggunakan sepatu hak tinggi

Meski pemakaian sepatu hak tinggi atau high heels ini dapat menunjang penampilan dan meningkatkan percaya diri, namun penggunaan dalam jangka panjang dapat menimbulkan bahaya yang cukup berisiko. Pasalnya, penggunaan heels, secara tidak langsung memberikan tekanan pada persendian di bagian sekitar kaki.

Blak-blakan Soal Rizky Irmansyah, Nikita Mirzani: Perhatian Banget

Hal tersebut dapat menyebabkan gangguan seperti nyeri tulang, sakit punggung, hingga cedera kaki, jika terjatuh menggunakan heels. Jika ingin tetap menunjang penampilan, batasilah tinggi hak, hanya sampai 1,5 cm saja. Lebih aman dan lebih disarankan untuk menjaga kesehatan

Mengigit kuku

Kebiasaan ini, sama dengan mengorek hidung, tidak sopan dan merusak pemandangan. Selain itu, kebiasaan ini juga berbahaya bagi kesehatan jika dilakukan terus menerus, untuk itu harus segera dihentikan. Sebab, kuku adalah salah satu tempat berkumpulnya kuman dari luar. Jika Anda mengigit kuku, maka kemungkinan kuman tersebut masuk ke dalam tubuh akan semakin besar. Tentunya kuman ini bisa mendatangkan penyakit seperti diare, flu, hingga cacingan.

Baca juga:

Saudi Arabia Makes First Debut at Miss Universe Pageant


Kemenag Gelar Peringatan Nuzulul Qur'an Nasional Tahun 2024

Peringatan Nuzulul Qur'an Tingkat Nasional, Kemenag: Spirit Bawa Indonesia Menjaga Keragaman

Peringatan Nuzulul Qur'an tingkat nasional, digelar oleh Kementerian Agama atau Kemenag. Pada tahun 2024 ini, digelar di Auditorium HM Rasjidi Kemenag, pada Rabu kemarin.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024