Ini Bahaya dari Sering Mengorek Hidung

Ilustrasi hidung mancung.
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Kebiasaan mengorek hidung atau yang biasa dikenal dengan istilah 'ngupil,' adalah hal yang sering dilakukan orang. Kebiasaan ini biasanya dilakukan ketika hidung sedang gatal, tak nyaman setelah terpapar debu dan udara luar.

Yang harus dipahami, bahwa mengupil ternyata bisa menyebabkan gangguan kesehatan. Bahkan ada juga yang berpendapat, mengupil bisa membuat rongga hidung kita membesar. Apa benar?

Deretan Solusi Ampuh Merawat Kulit Wajah Kesayangan Anda

Kami wawancarai dokter Nina Amelia dari laman Meetdoctor. Ia katakan mengorek hidung, bila dilakukan terlalu sering dapat menyebabkan gangguan di area penciuman yang cukup berbahaya. Sebab, lubang hidung kita tersusun dari lapisan mukosa yang lembut dan dialiri banyak kapiler darah; sehingga membuatnya rentan terluka dan berdarah.

"Jika Anda terus mengoreknya, apalagi dengan cara yang kasar, akan menyebabkan trauma dan iritasi," ujarnya menjelaskan.

Bahaya dari mengorek hidung ini dapat semakin berbahaya, jika jari yang digunakan untuk mengorek hidung kotor. Tentunya hal tersebut akan membuat kuman dan bakteri masuk ke dalam tubuh melalui hidung.

Namun Nina menampik petnyataan bahwa mengorek daerah itu akan memerbesar rongga hidung. "Mengorek hidung tak akan berpengaruh pada lebar rongga hidung, namun memengaruhi lapisan yang melindung rongga tersebut. Jika terlalu sering dikorek, kelenjar dalam hidung akan iritasi," jelasnya.

Kasus terparah dari mengorek hidung dapat membuat seseorang mimisan. Hal ini terjadi karena pembuluh darah yang ada di dalam rongga hidung mengalami iritasi, hingga akhirnya darah keluar. "Hal ini tentunya konyol, bukan?" ujar Nina.

Selanjutnya Nina menyarankan agar kita tidak melakukan aktivitas mengorek hidung terlalu sering. Yang terpenting, menjaga kebersihan tangan dan jari, agar kotoran dan kuman tak mudah masuk tubuh dalam keadaan apapun.

Kejagung Bantah Kabar Pembukaan Blokir Rekening Harvey Moeis

Baca juga:

AHY Ogah Bebankan Prabowo soal Jatah Menteri Buat Demokrat


Pertemuan Prabowo Subianto dengan Muhaimin Iskandar Usai Pemilu 2024

Cak Imin soal PKB Gabung ke Pemerintahan Prabowo: Alhamdulillah, Semuanya Smooth!

Usai perhelatan Pilpres 2024, isu PKB bakal gabung ke koalisi Prabowo terus mencuat.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024