Fakta: Ciuman Tak Buat Flu Tertular

Flu.
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id –
Pengunjung Coba Kelabui Petugas Lapas Yogyakarta Simpan Pil Koplo di Betis, Malah Ketahuan
Saat dilakukan survei kepada 1.000 orang di Inggris, hampir setengahnya mengaku secara jujur, mereka menolak mencium pasangannya yang sedang terserang flu.

Pelaku Ditangkap, Begini Modus Sopir Taksi Online Todong Penumpang Rp 100 Juta

Menanggapi hal ini, Profesor  Ron Eccles, pimpinan di Common Cold Centre at Cardiff University mengatakan hal itu keliru. Sebab faktanya, sebenarnya sebuah ciuman tidak akan membuat Anda tertular flu.
Viral Jambret Bawa Kabur Mobil Patroli Polisi di Jaksel, Begini Kronologinya


Yang perlu diketahui, virus itu menular melalui ingus, bukan ludah. Jadi ia katakan, justru bergandengan tangan dengan pasangan, jauh lebih berbahaya, ketimbang berciuman.


“Berbahaya karena jari kita mudah memindangkan virus dari hidung dan mata. Tangan Anda terbukti malah lebih mudah menularkan virus, apalagi jika sedikit-sedikit orang yang flu saat batuk memegang hidung,” kata Ron, dikutip dari
Dailymail.co.uk
. Ia katakan, seharusnya flu tidak menghalangi keromantisan Anda berdua.


Kecuali Anda kena batuk berat, dan ingus sudah bercampur ludah, tenang saja karena ciuman tidak akan menulari Anda. Selain itu, memegang gagang pintu yang baru saja disentuh orang yang kena flu, juga bisa menularkan penyakit ini. Gareth Coady, peneliti medis dari Otrivine menjelaskan, memang masih banyak orang salah paham dengan cara penularan virus flu.


Baca juga:









Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya