Ini Cara Ampuh Hilangkan Bekas Campak

Ilustrasi campak
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id – Campak merupakan salah satu penyakit menular yang disebabkan infeksi virus measles. Sekitar 3000-4000 anak terinfeksi campak setiap tahun. Bahkan tak jarang infeksinya menjadi semakin berat dan menyebar hingga ke otak.

Hasil Liga 1: Bali United dan Dewa United Petik Poin Sempurna

Dokter Nina, dari laman Meetdoctor menjelaskan lebih jauh tentang penyakit ini. Ia mengatakan, ada cara untuk menghilangkan bekas campak, dan strategi pencegahan dini, agar penyekit itu tak datang.

“Campak disebabkan infeksi virus yang sifatnya self limited, sehingga dapat sembuh dengan sendirinya. Oleh sebab itu, prinsip pengobatan campak, umumnya disesuaikan dengan keluhan. Serta diberikan vitamin A dosis tinggi untuk membantu mempercepat pemulihan,” kata Nina.

Masa Penahanan Harvey Moeis Diperpanjang, Kejagung Ungkap Alasannya

Untuk pencegahan, dapat dilakukan imunisasi pada saat berusia sembilan bulan dan 15 bulan. Sementara untuk menghilangkan bekas campak, dapat diberi body lotion untuk meningkatkan kelembapan dan mempercepat hilangnya bekas luka. Selain itu, hindari kebiasaan menggaruk saat timbulnya ruam kulit. Tujuannya agar bekas campak tidak terinfeksi bakteri lain.

Nina menuturkan, campak bisa dijumpai pada orang dewasa dan tidak selalu menimpa anak-anak. Virus measles yang menyebabkan campak, sebenarnya tak jauh berbeda dengan virus lain. Bisa menyerang bila daya tahan tubuh lemah, meski terhadap orang dewasa.

Bantu Israel Tahan Serangan Teheran, Menlu Iran Temui Menlu Yordania

Anak-anak yang daya tahan tubuhnya belum sempurna akan lebih mudah terpapar infeksi ini. Meski demikian, tak berarti orang dewasa terbebas 100 persen dari infeksi ini. Imunitas terhadap virus ini dapat diperoleh baik dari riwayat infeksi sebelumnya maupun dengan vaksinasi.

Baca juga :



Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya