Menulis Jurnal Pribadi, Ampuh Katrol Kinerja Otak

Ilustrasi notebook.
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Anda memiliki kebiasaan menulis diary saat kecil? Jika kebiasaan itu sekarang Anda hentikan, sayang sekali. Sebab, memiliki kebiasaan menulis dalam sebuah jurnal pribadi, memiliki banyak manfaat bagi diri kita. Apa saja manfaatnya? Berikut, ulasan lengkapnya menurut Huffington Post.

Meningkatkan IQ

Menulis dalam jurnal pribadi, tidak berarti Anda lemah atau pun pelupa. Namun, kebiasaan ini bisa mendatangkan berbagai manfaat, seperti salah satunya peningkatan IQ otak. Sebab, dengan menulis jurnal, Anda melatih keselarasan tangan dan otak. Selain itu, menulis juga bisa meningkatkan pengetahuan tentang kosa kata, yang secara tidak langsung dapat meningkatkan IQ dan kinerja otak.

Memperkuat memori

Sebuah penelitian terdahulu mengukur hubungan antara tangan dan otak. Hasilnya, kedua bagian tubuh tersebut dapat bekerja sama dengan laras dan imbang. Maka menulis juga berarti merekam kata-kata dari buku, dan menuangkannya dalam tulisan. Hal tersebut, bisa memertajam ingatan.

Melatih disiplin


Hal yang juga bisa dilakukan dengan jurnal pribadi adalah mengatur jadwal harian, mingguan, bulanan, bahkan tahunan. Dengan kebiasaan tersebut, Anda bisa mejadi seseorang yang lebih disiplin terhadap waktu dan segala hal. Dengan menulis kegiatan dalam jurnal pribadi, hidup Anda juga bisa jadi lebih terorganisir dan berjalan sesuai rencana yang Anda siapkan.

Menyembuhkan stres

Jika Anda mengalami stres akut, salah satu terapi yang bisa dilakukan ialah menulis. Dengan menuangkan segala beban dan emosi yang terpendam dalam pikiran, Anda akan terbebas dari serangan stres yang mengganggu kegiatan. Selain mengatasi stres, menulis di jurnal pribadi juga bisa menyembuhkan beberapa gangguan seperti sakit kepala sebelah, insomnia, dan trauma.

Tingkatkan percaya diri

Seseorang yang rajin menulis jurnal pribadi, cenderung memiliki pemikiran yang luas dan rasa percaya diri yang tinggi. Sebab, menulis dapat membuka pikiran dan membuat rasa percaya pada diri bertambah. Jika Anda memiliki masalah dengan kepercayaan diri, sebaiknya mulai menulis jurnal, agar kepercayaan diri semakin baik. (asp)

Kiprah Ninja Xpress Jadi 'Teman' UMKM Bantu Naik Kelas



Baca juga:





Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri (JLM)

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM).

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024