Bahaya Mengonsumsi Minuman Kedaluwarsa

Botol plastik
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id –
Luar Biasa, Prajurit TNI Ini Rela Rugi Rp20 Juta Sebulan Demi Tolong Petani Singkong yang Menderita
Pernahkah Anda berpikir, kalau air memang tidak pernah bisa basi, jamuran, atau beralih masam, kenapa perusahaan pembuat air minum botol, menaruh tanggal kedaluwarsa di produk mereka?

Farhat Abbas Diperiksa Polisi Pekan Ini soal Laporan Penistaan Agama ke Pendeta Gilbert

Zaman dulu, perusahaan minuman dalam kemasan botol akan menaruh tanggal kedaluwarsa selama dua tahun sejak tanggal pembuatan. Namun kini, perusahaan minuman memiliki metode berbeda, untuk menentukan kapan sebuah minuman dalam botol sudah tidak boleh lagi dikonsumsi.
BI Rate Naik Jadi 6,25 Persen, Begini Respons Dirut BRI


Dikutip dari laman
Tydknow
, tanggal batas penggunaan itu sebenarnya menandakan bahwa yang sudah lewat, adalah masa penggunaan botolnya, bukan airnya. Karena, kebanyakan botol minuman saat ini, kebanyakan terbuat dari bahan PET (
polyethylene terephthalate
) dan HDPE (
high-density polyethylene
), yang memang punya masa batas penggunaan.


Jadi, meski tanggal kedaluwarsa terlewati, bukan berarti otomatis air minumannya beracun. Namun, yang perlu dingat, meski tak beracun, bukan berarti Anda juga aman meminumnya, karena zat kimia dari botol yang telah lewat juga berbahaya.


Biasanya, air dalam botol yang masa gunanya telah lewat, akan memiliki bau tak sedap, dan rasa berbeda dari aslinya. Jadi, untuk amannya, tetap hindari minuman yang masa kedaluwarsanya telah berlalu. (art)


Baca juga:


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya