4 Makanan yang Menjaga Kesehatan Jantung

Ilustrasi ubi
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Menjaga kesehatan jantung, adalah hal yang sangat penting dan perlu dilakukan. Sebab, jantung adalah organ yang selalu bekerja tanpa berhenti yang keseimbangannya harus terpenuhi.

Untuk itu, pengetahuan mengenai makanan pelindung tubuh dari penyakit jantung memang sangat dibutuhkan. Menurut laman Foxnews, berikut empat bahan makanan penyehat jantung tersebut:

Akar bit

Manfaat dari akar yang buahnya berwarna merah keunguan ini, ternyata bisa jadi senjata ampuh merawat jantung. Pasalnya, kandungan dari akar bit ini, mampu menurunkan tekanan darah dengan cara melebarkan pembuluh darah tersebut. Dengan demikian, aliran darah akan mengalir dengan baik ke jantung, yang kemudian akan mengoptimalkan fungsi jantung itu sendiri. Selain itu, akar bit juga kaya vitamin A, B6, C, serat, potassium, serta asam folat yang tentunya baik untuk tubuh kita.

Pomegranate

Selain rasanya yang enak dan kandungan antioksidannya yang banyak, buah ini juga memiliki nutrisi yang baik bagi kesehatan jantung. Sebab, kebaikan buah unik ini mampu melancarkan peredaran darah dan menurunkan kolesterol. Untuk yang sedang diet, buah ini juga cocok dipilih sebagai pengganti camilan, atau pendamping salad yang Anda makan. Kandungan lemaknya yang sangat rendah, akan membantu proses penurunan berat badan.

Ubi

Salah satu jenis tanaman umbi-umbian ini, selain memiliki rasa yang kaya, ternyata juga berkhasiat bagi jantung. Kandungan vitamin B6 dan magnesiumnya, juga diketahui baik untuk kesehatan tubuh manusia. Selain itu, makanan yang di beberapa daerah dijadikan pengganti nasi ini, juga memiliki kandungan mineral dan nutrisi, yang mampu menghilangkan stres. Sajikanlah selagi hangat, agar kenikmatan dan manfaatnya lebih terasa.

Alpukat

Siapa yang tak kenal buah yang satu ini? Rasa dan teksturnya yang lezat, membuat banyak orang jatuh hati. Selain itu, alpukat memiliki khasiat baik bagi kesehatan organ jantung. Potassium adalah kunci penting dalam alpukat, yang membuah aliran darah lancar, dan tekanan darah menurun. Pompa jantung pun akan ikut berfungsi secara optimal. (one)

Baca juga:

Empat Jenis Susu dan Pengaruhnya pada Jantung







Lima Cara Mudah Merawat Jantung Tetap Sehat
Secangkir kopi.

Bahaya Kafein dalam Enam Cangkir Kopi

Syarat konsumsi kafein perhari yaitu 80 hingga 125 miligram.

img_title
VIVA.co.id
2 Agustus 2016