Kuaci, Camilan Imut Peningkat Suasana Hati

Kuaci banyak memiliki manfaat.
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Apa yang akan Anda lakukan saat sedang tidak mood? Beberapa dari Anda, pasti akan menjawab dengan ragam hal. Relaksasi, nonton film, mendengarkan musik, hingga makan, biasanya menjadi pelarian dan salah satu upaya meningkatkan suasana hati yang rusak.

Namun di antara semua hal yang dilakukan, makan adalah pilihan yang banyak dipilih untuk menghilangkan bad mood. Makanan yang dipilih pun beragam, mulai dari salmon, nasi, hingga makanan manis seperti cokelat dan biskuit.

Kebiasaan makan saat sedang bad mood, diketahui berdasarkan sebuah survei yang dilakukan ahli nutrisi dan psikolog makanan di Amerika Serikat.

Ninja Xpress: Pengiriman Paket Melonjak 20 Persen saat Ramadhan 2024

Survei yang dilakukan pada lebih dari 2.000 orang ini, menunjukkan ketertarikan orang untuk melahap camilan dan beberapa bahan makanan di kala sedang bad mood. Beberapa memilih nasi, salmon, kacang-kacangan, hingga beragam jenis makanan manis, seperti kue dan cokelat.

Namun ternyata, memakan beragam menu di atas untuk memperbaiki mood, bisa jadi malah berujung buruk. Makanan manis, misalnya. Dampak pereda bad mood-nya hanya bersifat sementara, namun dampak jangka panjang yang dirasakan, risiko kenaikan berat badan, serta penyakit seperti diabetes dan obesitas.

Penyataan ini dibenarkan dr Sarah Schrenker, ahli diet yang mengatakan, "Makanan memang dapat memiliki dampak pada pikologis seseorang yang memakannya, namun jika konsumsinya malah mengganggu kesehatan, sungguh disayangkan," ujar Sarah, dikutip dari DailyMail.



Sarah, bersama Christy Fregusson, seorang psikolog makanan, mengungkapkan bahwa ada bahan makan yang bisa dipilih untuk meredakan badmood dengan jangka panjang, tanpa risiko membahayakan.

Adalah biji bunga matahari, atau yang biasa dikenal dengan kuaci, yang terbukti bisa meningkatkan mood seseorang yang sedang terganggu, dan risiko yang dimilikinya pun hampir dibilang tidak ada.

Kuaci, menurut Christy, memiliki kandungan asam amino, yang mampu merangsang produksi hormon seretonin, yang bisa menigkatkan mood seseorang. Selain biji bunga matahari.

Biji labu, yang memiliki bentuk lebih pipih dan tekstur lebih halus, juga bisa dikonsumsi dengan manfaat yang sama. Hal terpenting yang bisa dilakukan sebelum melahap makanan peningkat mood, ialah melihat terlebih dahulu kandungan gizi dari makanan tersebut. Karena apa gunanya mood baik bila kesehatan tubuh menjadi taruhannya?

Gibran Masih Jabat Wali Kota Solo Usai jadi Wapres Terpilih, JK: Tidak Apa-apa

Baca juga:


MK Gelar Sidang Sengketa Pileg 2024 Pekan Depan, Total Ada 297 Perkara


Politikus senior Partai Golkar Jusuf Kalla.

JK Ogah Komentari Wacana Anies Maju Pilgub Jakarta

Politisi senior Partai Golkar, Jusuf Kalla (JK) mengaku tak mau ambil pusing soal wacana Anies Baswedan yang ingin kembali maju di Pilgub Jakarta

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024