Waspada Bakteri di Ruang Praktik Dokter

Konsultasi dokter.
Sumber :
  • istock
VIVA.co.id -
Dokter Asing Belum Boleh Berpraktik di Indonesia
Ketika terserang penyakit, apa yang Anda akan lakukan? Tentunya menemui dokter. Ya, karena di tangan mereka, Anda akan memercayakan segala proses penyembuhan. Tapi bagaimana jika penyakit yang datang, justru karena ruangan praktik dokter yang kurang bersih?

Erick Imbau BUMN Beli Dolar AS Besar-besaran, Menko Perekonomian hingga Wamenkeu Bilang Gini 

The Center for Desease Control (CDC) di Amerika Serikat, belum lama ini memberi imbauan pada masyarakat, agar lebih berhati-hati ketika berobat ke dokter. Sebab, para peneliti berhasil mendeteksi adanya perkembangan bakteri di dalam ruangan, yang seharusnya jauh dari ancaman virus dan kuman tersebut.
Gunung Ruang Erupsi, Pemkab Sitaro Tetapkan Tanggap Darurat Selama 14 Hari


Kuman ini tentunya membahayakan nyawa pasien. Adalah C Difficile, bakteri mematikan yang justru dapat tedeteksi di ruang praktik dokter umum, atau dokter gigi. Bakteri ini, bisa menyebabkan beberapa gangguan, salah satunya diare akut, dan berbagai infeksi lain yang membahayakan kesehatan tubuh.


Dikutip dari DailyMail, korban dari bakteri jahat ini sudah merenggut 15.000 nyawa, yang sebelumnya tak tahu menahu, perihal perkembangan bakteri ini. Bukan hanya berasumsi, namun kenyataan bahwa bakteri membahayakan bisa bertebaran di ruang dokter yang tak bersih sudah terbukti.


Pada 2013 tim dari CDC menemukan 6 dari 7 jenis bakteri berbahaya, yang terdapat dalam ruang praktik medis di Ohio. Selain itu, dari data pasien yang mengalami penyakit yang dipicu bakteri C Diff ini, terlihat bahwa 82 persen pasien penderita, pernah melakukan pemeriksaan di ruang praktik itu, sekitar 12 minggu sebelum terdiagnosis.


Menurut dr Cliff McDonald, penyebaran bakteri di ruang praktik dokter yang seharusnya higienis ini bisa juga terjadi sebelum sang pasien memasuki ruangan dokter. "Oleh sebab itu, kita harus melakukan peninjauan mengenai asal muasal masuknya bakteri ini ke dalam tubuh manusia yang mengalaminya," ujarnya Cliff.


Untuk menyelamatkan diri dari ancaman bakteri berbahaya ini, menurut Cliff, Anda bisa meminta resep antibiotik oleh dokter kesayangan.


Antibiotik mampu mendatangkan banyak bakteri baik yang akan melawan bakteri jahat yang mengancam kesehatan. Yang juga penting, dalam hal ini ialah selalu menjaga kesehatan dan kebersihan. Jika tubuh bersih dan sehat, maka bakteri akan sulit masuk dan merusak kesehatan.


Baca juga:










Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya