Rutin Bercinta di Usia Senja Tingkatkan Fungsi Otak

Pasangan lanjut usia.
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Menjaga keharmonisan hubungan rumah tangga, tidak hanya dilakukan pada saat masih muda. Namun begitu juga ketika sudah memasuki usia senja. Sebab pada usia senja, sangat dibutuhkan banyak dukungan dan kasih sayang dari orang terdekat, khususnya pasangan.
 
Salah satu cara menjaga keharmonisan hubungan di usia senja, ialah dengan tetap bercinta dan melakukan hubungan suami istri. Pasalnya, selain akan menyemarakkan hubungan yang telah terjalin lama, bercinta di usia senja juga terbukti dapat meningkatkan fungsi otak opa dan oma. Bagaimana penjelasannya?

Kehidupan seksual, adalah salah satu faktor penting yang harus dijaga dalam berlangsungnya rumah tangga. Sebab mau tak mau, seks adalah unsur fatal dalam keharmonisan hubungan.

Ini Tiga Tempat Tidak Biasa Untuk Bercinta

Tidak hanya untuk pasangan muda, seks juga masih menjadi unsur penting bagi pasangan yang sudah senja dan sudah lama bersama. Karena seks, dapat kembali menghangatkan hubungan dan kasih sayang yang dimiliki pasangan tua.

Sebuah penelitian di Belanda, mencoba mengamati perkembangan kehidupan seksual dari 1.747 pasangan wanita dan pria, yang berusia di atas 70 tahun.

Penelitian ini, menunjukkan hasil bahwa aktivitas seksual yang dilakukan oleh lansia yang diamati, sedikit banyak memberikan perkembangan kognitif pada otak, seperti meningkatnya kemampuan mengingat, kemampuan untuk berpikir secara cepat, imajinasi yang tinggi, dan peningkatan kognitif lain, demikian dikutip dari Foxnews.

Dalam penelitian ini, para peserta juga diminta menjawab pertanyaan seputar seberapa penting hubungan seksual menurut mereka, bagaimana kehidupan seks pribadi mereka,serta bagaimana keintiman dengan pasangannya.

Hasilnya, sebanyak 42 persen menjawab bahwa seks tetap penting, 41 persen mengatakan bahwa seks tidak penitng, sedangkan 28 pesen sisanya menganggap bahwa seks pernah menjadi bagian penting, namun sudah tak penting lagi, saat ini.

Aktivitas seksual yang dilakukan para lansia ini, sedikit banyak memberikan hasil yang optimal untuk kesehatannya. Selain organ otak yang mengalami peningkatan fungsi, bagian tubuh lain juga bisa mendapatkan manfaat yang sama, dengan bercinta dan yang terpenting, cinta tak boleh padam, walau sudah berusia senja.


![vivamore="Baca Juga :"]

Berapa Lama Waktu Bercinta Normal?



Napi Mengaku Bayar Rp1 Juta untuk Bisa Bercinta di Sel
[/vivamore]
Ilustrasi pasangan bercinta

Manfaatkan Benda di Rumah, Sensasi Bercinta Makin Panas

Kaca ternyata bermanfaat untuk sesi bercinta Anda

img_title
VIVA.co.id
26 Desember 2015