Cara Jitu Agar Zat Besi Tak Hilang dari Makanan

Mengonsumsi makanan sehat.
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
Minuman yang Menyebabkan Anemia
- Menyeimbangkan asupan nutrisi untuk tubuh, adalah hal terpenting dalam menjaga kesehatan badan. Sebab, nutrisi yang cukup dan seimbang, mampu membentengi tubuh dari serangan penyakit, dan membuat Anda sehat lebih lama. Salah satu nutrisi yang dibutuhkan ialah zat besi.

Kenali Enam Ciri Anak Kekurangan Zat Besi

Elemen ini adalah zat yang erat hubungannya dengan ketersediaan jumlah darah dalam tubuh manusia. Kekurangan zat besi, dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan, seperti anemia, yang dapat memicu depresi, stres, hingga gangguan jantung.
Empat Asupan Tepat untuk Kecukupan Zat Besi


Menurut World Health Organization (WHO), hingga saat ini, sekitar 30 persen masyarakat di dunia, tercatat memiliki keluhan anemia yang bisa disebabkan kurangnya kadar zat besi dalam tubuh. Untuk itu, kandungan zat besi dalam tubuh harus ditingkatkan, agar tubuh semakin optimal dan terhindar dari risiko yang tak mengenakkan.


Health24.com melansir, mencukupi asupan zat besi dalam tubuh, bisa dilakukan dengan memilih-milih makanan yang kita konsumsi. Makanan dengan kadar vitamin C tinggi, adalah makanan yang seharusnya kita makan, karena kandungannya mampu meningkatkan kerja zat besi dalam tubuh. Berjemur di bawah sinar matahari pagi, juga bisa memerkaya kadar zat besi dalam tubuh kita.


Selain itu, penting bagi Anda untuk mencukupi makanan dan minuman kaya zat besi seperti daging merah, kuning telur, bayam, dan kacang, yang kaya akan kebaikan zat besi. Namun yang juga penting, ialah bagaimana Anda mengolah bahan makanan yang akan dimakan.


Ketika ingin mencukupi kadar zat besi, pastikan agar makanan yang akan Anda lahap tidak dimasak terlalu lama. Pasalnya, makanan yang dimasak terlalu lama, nutrisinya sudah hilang pada saat proses pengolahan.


Untuk mengoptimalkan produksi zat besi dalam tubuh, kita bisa mengonsumsi suplemen khusus zat besi, yang biasanya berbentuk pil vitamin harian, dan bisa didapatkan di toko obat terdekat. Dengan bantuan vitamin ini, tubuh Anda akan semakin baik menyerap zat besi. Efeknya kadar zat besi akan cukup untuk selalu melindungi tubuh dari segala gangguan kesehatan.


![vivamore="
Baca Juga
:"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya