Lima Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

Ginjal.
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Gangguan ginjal adalah salah satu hal yang banyak menelan korban, namun gejalanya seringkali diremehkan. Penyebab awal dari penyakit ini pun bisa dibilang sepele, yakni karena kurangnya hidrasi dalam tubuh.

Namun, banyak orang yang belum menyadari akan pentingnya organ vital ini, sehingga tidak menjaga kesehatan ginjalnya. Oleh karena itu, berikut kami ungkap berbagai cara menjaga kesehatan ginjal, dikutip dari laman Times of India:

Sadari risiko

Gangguan ginjal adalah salah satu penyakit yang bisa terjadi karena adanya riwayat penyakit yang sama dalam silsilah keluarga. Jika Anda memiliki riwayat terkena penyakit ini dan Anda sadar, gejalanya bisa ditanggulangi lebih mudah.

Karena ini artinya Anda sudah siap untuk melakukan hal-hal yang harus dilakukan, seperti datang periksa ke dokter dan menjaga pola hidup sehat, sebagai bentuk dari pencegahan yang bisa menghindarkan dari penyakit ini.

Selalu periksa kadar gula darah

Untuk membuat penanganan penyakit ginjal semakin baik, sebaiknya lakukan beberapa pemeriksaan yang bisa membuat Anda tahu kapasitas tubuh yang dapat menentukan tindakan pencegahan ataupun perawatan akan penyakit ginjal ini.

Salah satu yang bisa dilakukan ialah dengan selalu memeriksakan kadar gula dalam tubuh. Sebab, pemicu-pemicu dari gejala diabetes juga bisa menyambar menjadi gangguan ginjal. Oleh karena itu, kadar gula dalam darah harus selalu diperiksa dan diawasi agar gejalanya bisa terlihat.

Jaga asupan cairan dalam tubuh

Asupan cairan ke dalam tubuh, juga merupakan hal penting yang harus diperhatikan untuk menjaga kesehatan ginjal. Sebab, ginjal adalah organ yang menyaring segala bentuk cairan di dalam tubuh, bila tidak hati-hati, maka kerja ginjal bisa terforsir dan akan menjadi rusak.

Pengakuan Sahabat Soal Penyakit Pelawak Eko DJ

Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga asupan cairan ke dalam tubuh, perbanyak konsumsi air putih, dan jauhi minuman yang pekat seperti teh, kopi, hingga minuman beralkohol.

Makan sehat

Selain asupan minuman, makanan juga berperan penting dalam kesehatan ginjal. Pilihlah makanan sehat dan segar yang didominasi oleh sayur dan buah. Kurangi asupan garam, dan jangan terlalu sering memakan makanan yang mengandung minyak. Penerapan pola makan sehat, selain baik untuk ginjal, juga dapat menjadi senjata untuk melawan berbagai penyakit.

Hidup aktif

Satu hal penting dalam menjaga kesehatan ginjal dan organ lain dalam tubuh, ialah selalu menjalani hidup yang aktif. Aktif dalam hal ini berarti banyak bergerak dan melakukan aktivitas fisik yang bisa membuat tubuh selalu bekerja dengan baik.

Jika tidak banyak bergerak, Anda akan terancam dengan obesitas, yang kemudian bisa memicu diabetes, lalu menyambar ginjal dan organ lain dalam tubuh. Oleh karena itu, pastikan tubuh Anda selalu bergerak dan hidup selalu aktif agar penyakit tak mudah datang menghampiri. (art)

![vivamore="
Waspada Gejala Penyakit Ginjal Kronik
Baca Juga :"]
Cara Mencegah Gagal Ginjal Sejak Dini



[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya