Riset: Vegetarian Jauh dari Bahaya Kanker Usus

Sayur.
Sumber :
  • REUTERS/Mike Blake/Files

VIVA.co.id - Kanker adalah penyakit yang sangat ditakuti banyak orang. Penyakit ini bisa terjadi karena gaya hidup seseorang. Pilihan makanan salah dikonsumsi, Anda bisa saja diserang penyakit ini.

Enam Alasan Anda Perlu Jadi Vegetarian

Untuk mencegah kanker, biasanya dokter menyarankan Anda menjauhi beberapa makanan dan minuman. Tapi tidak dengan makanan yang satu ini, sayur mayur.

Ya, setiap dokter, ahli gizi, dan tenaga medis di bidang nutrisi, pasti akan selalu menyarankan Anda mengonsumsi sayur-mayur. Apapun gejala penyakit yang dirasakan.

Jika kita berbicara tentang manfaat sayur, maka pihak yang paling diuntungkan dalam hal ini ialah vegetarian.

Dikutip dari Times of India, vegetarian atau sekelompok orang yang hanya memakan sayur, memiliki keunggulan dalam bidang kesehatan. Tentunya bila dibanding dengan mereka yang bukan vegetarian.

10 Alasan Pria Vegetarian Lebih Jantan di Ranjang

Vegetarian sendiri berarti orang yang hanya memakan sumber-sumber nabati, dan menjauhkan makanan yang mengandung unsur hewani.

Hal ini, secara tidak langsung dapat menjauhkan penyakit-penyakit berbahaya yang dipicu makanan yang mengandung unsur hewani, salah satunya kanker usus (colon cancer).

Sebuah penelitian menyatakan, bahwa vegetarian terbukti memiliki risiko rendah terhadap serangan kanker usus, bila dibanding dengan yang bukan vegetarian.

Menjadi vegetarian, memungkinkan tubuh untuk melahap makanan yang tinggi nutrisi, seperti serat, vitamin, serta nutrisi lain yang tidak ada dalam makanan hewani.

Menelisik Dunia Vegetarian dan Vegan

Tahukah Anda, bahwa kandungan nutrisi yang dibawa sayur mayur juga dapat memudahkan dan menyehatkan organ pencernaan.

Menurut Michael J Orlich, seorang peneliti dari Loma Linda University, California, vegetarian hanya memiliki risiko 22 persen untuk terkena kanker usus, serta 29 persen lebih aman dari serangan kanker lambung. Angka sangat berbeda terjadi pada orang yang non-vegetarian, di mana mereka memiliki risiko lebih tinggi untuk terkena penyakit mematikan ini.

Selain itu, menurut Michael, vegetarian juga cenderung jauh dari beberapa penyakit lain, seperti obesitas, diabetes, serta darah tinggi. "Hal ini tentunya kembali pada seberapa bijak Anda memilih jenis asupan makanan yang akan dikonsumsi," katanya.

Untuk itu, gaya hidup vegetarian adalah gaya hidup yang seharusnya diteladani dan diikuti. Pilihlah makanan yang memiliki dominasi sayur dan buah. Kurangi konsumsi daging merah, minyak, serta makanan yang berlemak, karena risikonya tak hanya satu penyakit, tapi beragam. (ase)

![vivamore="Baca Juga :"]



[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya