Kebiasaan Buruk yang Harus Diubah demi Kesehatan

Panjang umur dengan melakukan hal-hal baik.
Sumber :
  • istockphoto

VIVA.co.id - Datangnya penyakit dan beberapa masalah kesehatan pada tubuh, adalah akibat dari beberapa kebiasaan buruk yang dilakukan manusia. Kebiasaan buruk tersebut, bisa saja terkait dengan gaya hidup yang dijalani seseorang.

Namun, ada beberapa kebiasaan buruk yang berujung penyakit ini, yang bisa diperbaiki, agar kesehatan tubuh lebih terjaga. Apa sajakah itu? Berikut ulasannya menurut Times of India.

Kurang paparan sinar matahari

Berbicara mengenai paparan sinar matahari, manfaatnya pada tubuh bisa sangat beragam, bila Anda selalu menyempatkan waktu untuk berjemur dan membiarkan hangat sinar sang surya di pagi hari masuk ke dalam tubuh. Namun, banyak orang yang tidak bisa ataupun tak sempat untuk melakukannya di pagi hari, mengingat faktor cuaca maupun rutinitas yang dilakukan.

Tapi tenang, masih ada solusi untuk mengatasi kurangnya tubuh Anda terhadap paparan sinar matahari. Caranya mudah, gunakanlah body lotion yang mengandung banyak vitamin A, C, dan kandungan antioksidan lainnya. Dengan begitu, asupan nutrisi yang seharusnya dipasok oleh sinar mentari bisa digantikan dengan lotion tersebut.

Postur tubuh tidak benar

Perhatikanlah cara Anda berjalan, duduk, dan berdiri. Hal tersebut dapat mencegah bungkuk saat duduk dan berdiri, dan kesalahan lain seperti jalan yang jalan yang diseret. Kebiasaan buruk tersebut seringkali dilakukan di luar kesadaran manusia, namun bisa menyebabkan gangguan seperti sakit punggung yang menyakitkan, dan ketidakseimbangan tubuh saat sudah lansia.

Tak pernah olahraga

Walau sudah banyak yang mengetahui manfaat dan kebaikannya, berolahraga masih menjadi hal yang enggan dilakukan beberapa orang. Tidak adanya waktu dan rangkaian kesibukan, adalah alasan yang paling banyak terucap dari mereka yang tidak pernah berolahraga.

Peneliti: Manusia Bergaul dengan Komunitasnya, Mirip Baboon

Hal ini akan membuat produktivitas tubuh semakin lama semakin berkurang, begitu juga datangnya risiko penyakit seperti diabetes dan gangguan jantung, yang disebabkan oleh kebiasaan buruk ini.

Namun, siasat untuk hal ini mudah. Cukup sibukkan diri Anda secara aktif, dan banyak bergerak. Dengan begitu, tubuh akan selalu bekerja dan akan menjadi sehat tanpa harus berolahraga.

Kecanduan minum alkohol

Kebiasaan buruk yang satu ini, bisa dihentikan dengan bantuan dari diri sendiri. Karena kebiasaan minum alkohol berkaitan dengan intensitas Anda pergi keluar bersama teman. Bila terus dilakukan, kebiasaan ini bisa menyebabkan berbagai penyakit, seperti depresi, stres, hingga kerusakan pada organ hati. Untuk itu cobalah batasi diri Anda dan pahami akibat yang akan muncul bila Anda melakukan kebiasaan buruk tersebut. (art)

![vivamore="
Jusuf Kalla Beri Selamat ke Prabowo-Gibran: Terima Kenyataan
Baca Juga :"]
Dominica Court Lifts Same-sex Relationship Ban



[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya