Amankah Obati Flu Anak dengan Uap Air Hangat?

uap air panas
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Perasaan orang tua manapun, pasti akan sedih saat melihat buat hati yang disayangi sakit, baik itu ringan maupun parah. Penanganan pertamapun langsung dikerahkan untuk mengobati sakit anak.

Namun beberapa orang tua, bahkan di zaman modern seperti ini, masih ada yang meyakini berbagai mitos tentang penyembuhan anak, dalam hal penyembuhan anak yang sedang sakit flu.

Flu sendiri, adalah sakit yang banyak diselepekan para ibu, namun justru membahayakan buah hati mereka. Saat flu menyerang, ibu yang panik mungkin akan kebingungan dan memilih cara pengobatan sederhana, berdasarkan mitos yang diberikan dari nenek, maupun tetua lainnya.

"Penanganan penyakit yang sifatnya sederhana ini, ada baiknya, namun ada juga buruknya," ujar dr. Rini Sekartini, Dokter spesialis Pediatri dan tumbuh kembang anak dari Ikatan Dokter Anak Indonesia.

"Mitos seperti menguap anak dengan air hangat yang dicampur minyak kayu putih, tidak bisa langsung diaplikasi pada anak. Terutama bayi. Perhatikan kadar dari minyak kayu putih tersebut, serta pengaplikasiannya pun tak bisa sembarangan," ujar Rini.

Pasalnya, penanganan sederhana pada flu anak, bila tidak diawasi malah akan mendatangkan penyakit lain, seperti alergi maupun flu yang bertambah parah.

Flu Burung Merebak, Ini Cara Sederhana Menangkalnya

"Flu yang terjadi pada anak, juga bisa dipengaruhi ibunya. Apalagi untuk bayi yang masih menyusui," ujar Rini, dalam seminar media Momazing Campaign oleh Scott's Indonesia, di Jakarta, Selasa, 17 Maret 2015.

![vivamore="
Ini Kombinasi Madu untuk Mengobati Penyakit Flu
Baca Juga :"]
Makanan dan Minuman Ini Bikin Flu Semakin Parah



[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya