Anda Susah Tidur, Ini Penyebabnya

Olahraga di waktu malam hari.
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Anda sudah berusaha menjalani pola hidup sehat, namun tetap sulit tidur? Itu berarti ada yang salah dengan pola hidup sehat yang Anda jalani. Untuk yang gemar berolahraga di malam hari, itu menjadi sumber masalah yang membuat tidur tak nyenyak.

Aktivitas Asyik Bersama Pasangan Usai Bercinta

Fakta menyebutkan, berolahraga berat di malam hari seperti pergi ke gym, dapat membuat Anda terjaga terus. Pasalnya, olahraga setelah larut akan meningkatkan jumlah adrenalin dan cortisol yang menghilangkan rasa kantuk.

Hal ini dibuktikan oleh penelitian dari National Sleep Foundation (NSF) yang menyatakan, 80 persen orang yang melakukan olahraga sebelum tidur, akan terus terjaga saat malam. Sedangkan untuk mereka yang melakukan olahraga malam dengan porsi berlebih, bukannya tidur nyenyak, malah bisa insomnia.

Tujuh Makanan Ini Mampu Jaga Keseimbangan Hormon

Times of India melansir, penelitian yang dilakukan pada tahun 2013 tersebut memaparkan, saat seseorang berolahraga secara berlebihan, akan menyebabkan peradangan pada lapisan otot, yang akan membutuhkan waktu lama untuk pemulihan. Hal itu akan meningkatkan tekanan darah yang berpengaruh pada meningkatnya kadar adrenalin tubuh. Hal tersebut, kemudian membuat rasa kantuk hilang selepas berolahraga.

Selain itu, olahraga di malam hari, juga bisa meningkatkan tingkat cidera otot. Mengingat saat berolahraga, aliran darah ke otot akan semakin meningkat.

Empat Hal Pemicu Infeksi Jamur di Area Kewanitaan

"Rata-rata orang yang berolahraga malam, sedikit yang melakukan pendinginan. Jadi risiko cidera semakin besar," ujar salah satu peneliti.

Untuk itu, segera ubah kebiasaan olahraga berat saat malam, sebelum dampaknya bertambah parah. Caranya, bisa dilakukan dengan memilih olahraga yang ringan, dan jangan melakukan terlalu lama. Pilih olahraga yang santai seperti jalan, renang, atau yoga yang bisa menenangkan pikiran dan membuat tidur makin nyenyak.

Jika memiliki masalah dengan stres, cobalah melakukan hal-hal menenangkan, seperti mandi air hangat dan membaca buku, atau mendengarkan musik kesukaan sebelum tidur. Minum cukup air, agar tidur tak terjaga dan bolak-balik ke kamar mandi saat malam.



![vivamore="Baca Juga :"]


[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya