Kampanye Vaksinasi untuk Anak-anak di Vanuatu

Sumber :
  • Dok UNICEF

VIVA.co.id - UNICEF dengan dibantu WHO, terus bergerak untuk menolong kehidupan anak-anak di seluruh dunia. Via rilis yang diterima redaksi Viva.co.id pada Rabu, 18 Maret 2015, diketahui bahwa kampanye vaksinasi darurat sedang berlangsung di Pulau Vanuatu.

Hal ini dilakukan untuk melindungi anak-anak yang terkena dampak Topan Pam, di tengah kekhawatiran akan merebaknya wabah campak. Seperti kita ketahui, beberapa waktu lalu, Pulau Vanuatu, di Port Vila dihantam badai topan hingga merenggut beberapa nyawa. 

Karenanya, dua lembaga PBB ini mendukung Departemen Kesehatan Vanuatu, untuk menolong anak-anak yang rentan terkena penyakit sesudah hantaman badai kategori lima itu.

Diketahui, di Vanuatu sendiri, selama ini tingkat imunisasinya rendah. Di sana juga mengalami wabah campak pada awal Maret lalu, sebuah penyakit yang berpotensi mematikan.

"Enam tim dikerahkan ke seluruh bagian Port Vila yang bisa dijangkau untuk memulai vaksinasi campak segera," ucap Kepala Perwakilan UNICEF Pasifik, dokter Karen Allen. "Kota Santo dan Port Vila tetap berada dalam prioritas tinggi dalam hal campak, mengingat jumlah kasus ini sebelumnya, dikonfirmasi banyak terjadi di sana," tambahnya.

Tim tambahan akan dilatih dan mulai bekerja. Mereka akan memvaksinasi anak-anak, menyediakan Vitamin A, serta membagi-bagikan kelambu untuk perlindungan dari bahaya malaria.

UNICEF dan para mitra, berhasil memulihkan fasilitas cold storage di Vanuatu, untuk menjaga temperatur dan efektivitas vaksin yang rusak akibat topan.

Tingkatkan Kesejahteraan Anak RI, Unicef Kucurkan Rp1,99 T

"Prioritas vaksinasi akan diberikan pada anak-anak di pusat evakuasi, dan pemberian vaksin, dijadwalkan di sore hari, ketika ada banyak orang berkumpul di sana," kata Allen.

Perawat dan staf medis pensiunan, dengan keahlian yang diperlukan, telah direkrut untuk menjalankan kampanye ini. UNICEF juga mendistribusikan perlengkapan kesehatan, untuk anak-anak dan keluarga yang terkena dampak topan.

Termasuk perlengkapan kesehatan dasar, oralit, tablet zinc, kapsul vitamin A, serta tablet obat cacing. Mereka juga telah menyumbang tenda, ransel perlengkapan sekolah, perlengkapan kebersihan, tangki air lipat, sabun untuk cuci tangan, dan tablet pemurni air.

![vivamore="
Ini Cara Hentikan Kekerasan pada Anak
Baca Juga :"]
David Beckham dan Putranya Main Bareng di Old Trafford


[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya