Postur Tubuh Anak Pengaruhi Tumbuh Kembangnya

Minum air.
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Berbicara mengenai proses tumbuh kembang anak, banyak hal yang bisa dilakukan untuk mewujudkannya. Seperti dengan memasok nutrisi seimbang, pemberian imunisasi teratur, serta kasih sayang yang tak pernah berkurang.

Namun ternyata, ada satu hal yang juga ikut memengaruhi proses tumbuh kembang si kecil, yakni postur tubuhnya. Pernyataan ini dibuktikan dalam sebuah penelitian yang diadakan di University of Wisconsin, Madison, yang mengatakan bahwa postur tubuh bayi, memiliki pengaruh cukup signifikan dalam proses tumbuh kembang balita.

"Kami telah membuat robot bayi rekayasa, yang berfungsi untuk memetakan cara kerja otak para balita ini, untuk melihat pengaruh dari postur dan tumbuh kembannya," ujar Linda Smith, salah satu penyusun penelitian.

Dilansir dari Times of India, melalui riset ini Linda dan tim peneliti lainnya menawarkan sebuah cara belajar baru yang menggunakan objek kofnitif, seperti kata-kata atau ingatan, yang disesuaikan dengan posisi tubuh. Selain menggunakan robot, peneliti juga meneliti bayi manusia dengan menelisik aktivitas otaknya untuk memetakan pergerakkan.

Penelitian dimulai dengan menyesuaikan beberapa kata dan nama, dengan beberapa posisi tubuh. Penelitian ini dilakukan oleh anak berusia 12 sampai 18 bullan.

Hasil yang ditemukan dalam penelitian ini, ialah bahwa dengan mengaplikasikan posisi tubuh tertentu, balita bisa belajar mengingat sebuah kata yang disesuaikan dengan postur tubuh tersebut.

Apakah Buah Hati Anda Cukup Kalsium?

Ketika posisi tubuh diubah, menurut Linda, ingatan balita akan hilang dan terdistraksi. Namun setelah posisi tubu dikembalikan seperti semua, maka anak tersebut mampu mengingat sebuah kata yang ditunjukkan sebelumnya.
 
"Hal ini bisa terjadi, karena ragam pikiran, kata, dan representasi akan sebuah hal, akan dimulai dengan bentuk. Jadi masuk akal bila anak jadi mudah menghapal dan belajar melalui sebuah bentuk," katanya. 

![vivamore="Baca Juga :"]

Kurang Tidur Menghambat Pertumbuhan Tulang Anak



Mengatur Waktu Makan yang Tepat untuk Anak
[/vivamore]
Ilustrasi video game.

Si Mungil Keranjingan Games

Tak melulu negatif, tapi orangtua tak boleh abai.

img_title
VIVA.co.id
9 Agustus 2016