Lima Cara Cegah Batu Ginjal

Air putih.
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Seberapa sering Anda minum dalam sehari? Apakah sudah cukup untuk menjaga kesehatan ginjal? Jika belum, segeralah melakukan perbaikan pola hidup, sesuatu yang dapat mencegah datangnya berbagai penyakit dalam tubuh, seperti salah satunya batu ginjal.

Menakjubkan, Buah Unik Ini Bisa Hancurkan Batu Ginjal

Lantas, apa tindak pencegahan yang bisa dilakukan untuk mencegah datangnya penyakit ini? Intip caranya yang sudah kami rangkum dari laman Foxnews.

Optimalkan hidrasi

Hidrasi adalah hal yang paling memegang peran penting dalam pencegahan penyakit ginjal ini. Sebab, pemicu utama dari penyakit batu ginjal, ialah dehidrasi, atau kekurangan cairan dalam tubuh.

Menurut dr. Julio Davalos, kepala endourologi dan penyakit batu ginjal di University of Maryland, kurangnya asupan air putih bisa mengganggu kualitas mineral lain dalam tubuh.

"Ragam mineral yang kita konsumsi seperti kalsium, oksalat, fosfat, dan asam urat akan berubah menjadi kristal, dan berpotensi menyebabkan bantu ginjal, ketika air dalam tubuh kita tidak cukup," ujarnya.

Kurangi garam

Garam adalah sumber sodium yang justru banyak dikonsumsi oleh banyak orang. Rata-rata setiap orang mengonsumsi sebanyak 5.000 mg dalam sehari, di mana seharusnya konsumsinya hanya berkisar sebanyak 2.300 mg saja per hari.

Konsumsi garam yang berlebihan inilah, yang kemudian bisa memicu munculnya batu ginjal. Untuk semakin memerkecil kemungkinan terkena penyakit ini, batasi konsumsi garam pada angka 1.500 mg sehari, dengan mengurangi makanan yang asin dan mengandung kadar garam tinggi.

Kurangi kalsium

Memasok nutrisi kalsium dalam tubuh, memang baik untuk kesehatan tulang dan gigi. Namun, bila konsumsinya berlebihan, kalsium dalam tubuh justru akan menambah risiko tubuh Anda terkena batu ginjal.

Beragam bahan makanan mengandung kalsium, seperti susu, keju, dan es krim, bisa menyebabkan munculnya batu ginjal dan dampak negatif lain bagi kesehatan. Untuk itu, sebaiknya jangan makan makanan yang mengandung kalsium terlalu banyak.

Protein

Jumlah konsumsi protein yang berlebihan, juga bisa menyebabkan semakin besarnya risiko tubuh terkena penyakit batu ginjal. Untuk memerkecil risiko, kurangilah konsumsi makanan sumber protein tinggi seperti daging merah, telur, dan daging unggas, agar batu ginjal tak membayangi keselamatan tubuh.

Periksa diri

Untuk mencegah penyakit batu ginjal, hal yang paling baik untuk dilakukan ialah sering memeriksakan diri ke dokter setempat. Dengan deteksi dini penyakit ini, penanganannya akan semakin optimal, sehingga risikonya bisa dicegah. Lakukan serangakaian tes di rumah sakit terdekat, dan pastikan tubuh Anda selamat dan jauh dari risiko batu ginjal. (asp)

![vivamore="
Messi Alami Masalah Ginjal
Baca Juga :"]
Batasi Tujuh Makanan Penyebab Batu Ginjal Ini



[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya