Pentingnya Asam Lemak Esensial bagi Tumbuh Kembang Anak

Ilustrasi minyak ikan
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Berbicara mengenai tumbuh kembang anak, pasti ada banyak hal yang berperan di baliknya. Salah satu kunci yang memegang andil dalam hal ini, ialah kandungan nutrisi cukup dan berimbang, demi optimalnya pertumbuhan buah hati tercinta.

Namun sayang, tingkat kecukupan nutrisi pada anak di Indonesia, ternyata masih berada jauh dari rekomendasi yang ditetapkan WHO. Menurut data yang dimiliki Riset Kesehatan Dasar (Riskesda) di Departemen Kesehatan pada 2010, masih banyak masyarakat Indonesia yang mengalami kurang nutrisi, khususnya jenis asam lemak esensial Omega 3 dan 6.

"Data yang kami peroleh menyatakan masyarakat kita cenderung lebih banyak mengonsumsi lemak jenuh, daripada lemak tak jenuh. Padahal, yang dibutuhkan tubuh lemak tak jenuh, yang mengandung omega 3 dan 6," ujar Prof. Dr. dr. Ratna Djuwita, MPH, ketika ditemui di acara seminar "Pentingnya Asupan Omega 3 dan 6 dalam Tumbuh Kembang Anak" di Jakarta, Rabu, 25 Maret 2015.

Kondisi ini yang melatarbelakangi Ratna, bersama Persatuan Dokter Gizi Klinik Indonesia (PDGKI) melakukan penelitian akan kecukupan asam lemak esensial pada anak Indonesia, khususnya pada kandungan omega 3 dan 6-nya.

Paket Promo ke Destinasi Wisata Dunia Bisa Dapat Diskon Rp 12 Juta, Simak!

Penelitian ini dilakukan pada kurang lebih 40 ribu anak di Indonesia yang berusia 4-12 tahun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak Indonesia masih sangat kekurangan kandungan zat itu.

"Omega 3 dan 6 bisa didapat dari makanan seperti minyak, lemak, sayur, ikan, serta kacang dan biji-bijian," ujar Ratna.

Hal ini menjadi penting, karena kekurangan zat ini dan kandungan asam lemak esensial lain dapat menyebabkan terganggunya proses tumbuh kembang anak. "Dalam kasus yang parah, dapat menyebabkan kulit kering dan rambut rontok," tutur Ratna.

Pemenuhan nutrisi asam lemak esensial ini, menurut Ratna, juga perlu diedukasi kepada para orangtua, agar lebih bijak memilih makanan dengan kandungan asam lemak esensial untuk seluruh anggota keluarga. (art)

![vivamore="Baca Juga :"]

KPU Kabupaten Tangerang Buka Rekrutmen PPK dan PPS Pilkada 2024: Tersedia 967 Kuota


Istana Tegaskan Jokowi Tidak Ada Agenda Kunjungan Kerja ke Surabaya


[/vivamore]
Ilustrasi baby spa atau spa bayi

Permainan Picu Pertumbuhan Bayi Optimal

Perkembangan bayi yang optimal tentu manjadi dambaan para ibu.

img_title
VIVA.co.id
29 Juni 2015