Ini Tips dari Dokter Sebelum Anda Olahraga Lari

Seberapa penting menggunakan sepatu lari?
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Menerapkan pola hidup sehat, kini sudah menjadi gaya hidup modern, khususnya di perkotaan seperti Jakarta. Sebab hidup di perkotaan membutuhkan tubuh yang bugar, agar terhindar dari berbagai penyakit. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menerapkan gaya hidup sehat ialah dengan berolahraga.

Berolahraga, bukan hanya sekadar keluar rumah lalu menggerakkan tubuh. Badan kita juga membutuhkan asupan nutrisi yang dapat menjaga energi dan keseimbangan nutrisi saat digunakan untuk berolahraga. Namun untuk memenuhi kelengkapan nutrisi tersebut, bolehkah kita makan sebelum berolahraga? Kapan dan makanan apa saja yang sebaiknya dimakan?

Menjawab pertanyaan tersebut, dokter Carmen Jahja, SpOK, seorang spesialis kesehatan dan olahraga menyatakan bahwa makan sebelum berolahraga memang dianjurkan, namun berdasarkan beberapa aturan.

"Sebelum berolahraga, sebaiknya Anda penuhi nutrisi dalam tubuh dengan bantuan makanan, yang dikonsumsi 2 sampai 4 jam sebelum melakukan olahraga," ujarnya, ketika ditemui dalam acara Road to Nutrilite Health Run, yang diadakan di Jakarta, Kamis, 26 Maret 2015.



Carmen mengatakan, asupan makanan haruslah disesuaikan jenis olahraga yang akan dilakukan, "Jika olahraganya berat, maka asupan nutrisi juga harus banyak," jelasnya.

Ini Dia Ajang Kompetisi Lari Internasional Jakarta

Khusus untuk olahraga lari, Carmen memberi beberapa tips untuk memilih makanan yang baik dikonsumsi, untuk memenuhi energi yang dibutuhkan sebelum berolahraga.

"Jangan makan makanan yang terlalu padat, karena proses pencernaannya akan lama dan menguras energi," ujarnya. Selain itu, Carmen juga mengatakan bahwa makanan manis adalah hal yang selanjutnya harus dihindari.

Makanan manis akan merangsang produksi insulin dalam tubuh, yang membuat kadar gula darah menjadi rendah. Makanan yang paling tepat untuk dikonsumsi, menurutnya makanan yang mengandung karbohidrat, namun dalam bentuk yang sederhana, seperti roti dan nasi. Porsinya pun tidak boleh terlalu banyak, agar tidak memakan waktu untuk dicerna.

Jika memang ingin memakan karbohidrat tinggi dan lebih kompleks, Anda bisa memakan makanan padat, tapi di jam makan malam sebelum melakukan olahraga. "Makanlah di malam hari sebelum olahraga, istirahat yang cukup, maka olahraga Anda akan semakin optimal, begitupun dengan hasilnya," kata Carmen. 

![vivamore="Baca Juga :"]

Pentingnya Nutrisi Sebelum Lakukan Olahraga Lari



Tips Berolahraga di Cuaca Panas

[/vivamore]
Ilustrasi lari

Olahraga Lari Sambil Minum, Berbahaya atau Tidak?

Berkeringat adalah cara tubuh mendinginkan tubuh.

img_title
VIVA.co.id
18 Desember 2015