Menilik Kondisi Kesehatan dari Bau Mulut

Bau mulut bisa mengganggu orang lain.
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Memiliki gangguan pada mulut dan gigi, akan memberi efek samping yang kurang mengenakkan, yakni napas tak sedap. Namun napas tak sedap bukan hanya sinyal dari gangguan pada mulut dan gigi, namun bisa juga menjadi tanda dari beberapa kondisi kesehatan.

Minuman Ini Hilangkan Bau Mulut Sekaligus Bau Badan

Apa sajakah? Berikut ulasannya, menurut laman Times of India.

Berbau tajam

Pernah merasakan bau menyengat seperti cairan kimia atau deodoran keluar dari mulut? Jika ya, itu berarti Anda sedang mengalami gejala sinisitis. Bau ini berasal dari lendir dan jamur yang sudah terlalu banyak menumpuk di rongga hidung, sehingga napas menjadi berbau aneh.

Segera tangani keluhan ini dengan menggunakan obat semprot hidung atau memakai teknik penguapan, agar lendir berkurang, dan keluhan napas tak sedap tidak lagi dirasakan.

Bila berbau amis

Mulut bau amis padahal Anda tidak makan ikan? Waspadalah, karena bisa saja ginjal Anda yang bermasalah. Yang menyebabkan hal ini ialah kandungan nitrogen yang muncul dalam tubuh, karena ginjal tak bekerja baik. Ketika ginjal bekerja dengan seharusnya, tidak akan ada gangguan napas seperti ini yang mengganggu.

Berbau seperti kotoran

Mendengar dan membayangakannya saja, Anda mungkin sudah malas. Namun saat ini terjadi, seharusnya Anda sudah mengetahui, bahwa bau napas seperti ini, adalah tanda adanya gangguan pada gusi. Terjadi bisa saja karena luka atau karena infeksi bakteri. Untuk itu, hilangkan bau ini dengan obat kumur , yang bisa membuat mulut harum dan sehat.

Jika berbau manisan

Ketika Anda merasakan adanya aroma yang begitu `manis` yang keluar dari mulut, maka itu adalah tanda dari adanya penyakit diabetes dalam tubuh. Hal ini terjadi karena tubuh kekurangan kadar insulin, yang berdampak pada ketidak mampuan tubuh mengubah gula menjadi energi.

Hal ini menyebabkan gula memecah kandungan lemak dalam tubuh, yang kemudian keluar dalam bentuk urine, dan napas yang berbau gula. Jika sudah merasakan hal seperti itu, segera memeriksakan diri ke dokter.

![vivamore="Baca Juga :"]

7 Tips Mengatasi Bau Mulut yang Efektif



Ini Minuman untuk 'Usir' Bau Mulut Anda
[/vivamore]
Ilustrasi daun teh.

Empat Bahan Alami ini Bisa Seketika Hilangkan Bau Mulut

Cengkeh mengandung antibakteri yang mencegah bau mulut.

img_title
VIVA.co.id
9 Agustus 2016