Tips Berolahraga di Cuaca Panas

Seberapa penting menggunakan sepatu lari?
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Olahraga sehat kini menjadi salah satu rutinitas yang banyak dilakukan banyak orang. Namun dalam menjaga keseriusan berolahraga, ada saja hal yang menjadi penghalang, terlebih untuk yang melakukan olahraga di luar ruangan. Salah satunya cuaca dan suhu panas. Lalu, bagaimana solusinya?

Untuk yang gemar melakukan olahraga di luar ruangan, seperti salah satunya lari, sebaiknya memilih waktu lebih pagi, hal ini akan meminimalisir rasa panas yang dirasakan dan risiko yang bisa ditimbulkan seperti dehidrasi, dan kelelahan yang berlebihan.

Olahraga Lari Sambil Minum, Berbahaya atau Tidak?

Ketika matahari mulai muncul, Anda bisa memilih trak lari yang lebih teduh agar terik matahari tidak terlalu menyengat.

Dilansir dari Times of India, cara lain yang bisa dilakukan untuk tetap bisa melakukan olahraga lari di siang hari, ialah dengan memakai pakaian olahraga yang tepat.

Pertama, pilihlah baju yang berbahan lembut dan menyerap keringat. Hal tersebut akan menyelamatkan tubuh Anda dari iritasi kulit, karena keringat yang terlalu lama menempel pada kulit. Selain itu, pilihlah pula pakaian olahraga yang berwarna cerah.

Hal ini karena, pakaian dengan warna gelap, apalagi hitam, sangat mudah menyerap panas, yang akan semakin membuat Anda tidak nyaman.

Selanjutnya, berolahraga dalam cuaca panas, sebaiknya dilakukan secara perlahan dan santai. Olahraga yang terlalu diforsir, akan memberikan kemungkinan terjadinya risiko yakni gangguan pada otot dan persendian, serta dehidrasi karena kurangnya cairan.

Kurang cairan dalam tubuh saat sedang berlari bisa menimbulkan gejala seperti pusing, mual, hingga muntah.

Hal yang juga penting untuk diperhatikan, untuk mencegah risiko yang datang ialah dengan memenuhi nutrisi lengkap dalam tubuh sebelum berlari. Asupan bergizi haruslah Anda konsumsi sebelum melakukan lari. Namun nutrisi yang dipenuhi jangan terlalu berat dan padat.

Makanlah karbohidrat yang sederhana seperti roti, nasi, dan bubur yang bisa menambah energi tanpa harus lama tercerna oleh tubuh. Selain itu, imbangi dengan konsumsi air putih yang akan menyegarkan tubuh lebih lama. Selamat berolahraga.

Ini Dia Ajang Kompetisi Lari Internasional Jakarta
![vivamore=" Baca Juga
Pentingnya Nutrisi Sebelum Lakukan Olahraga Lari
:"]



[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya