Empat Bahan Makanan Penunjang Kerja Otak

Ilustrasi makanan untuk otak.
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Sebagai organ tubuh yang memegang peran penting dalam keberlangsungan organ lain, fungsi dan kerja otak haruslah optimal. Memilih makanan yang mengandung nutrisi baik untuk otak tidaklah sulit.

Khasiat Kol, Lawan Kanker hingga Perbaiki Fungsi Otak

Buktinya, beberapa bahan makanan yang ada di dapur, juga bisa digunakan untuk menjaga keseimbangan kerja otak.

Lantas, apa saja bahan makanan tersebut? Ini liputannya menurut laman Fox News.

Beri

Kaya dengan kandungan antioksidan, yang mampu melindungi otak dan melancarkan peredaran darah. Kandungan antioksidan ini juga mampu mengoptimalkan kerja dan fungsi otak, khususnya dalam hal peningkatan memori dan komprehensi. Kandungan yang paling baik, terdapat di buah blackberry.

Bawang putih

Meski memiliki bau yang tajam dan menyengat, bawang putih terbukti dapat menjadi senjata penunjang fungsi dan kerja otak. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kandungan yang ada dalam bawang putih, memiliki khasiat dapat menunjang memori jangka panjang, proses belajar, dan perbaikan mood.

Hal ini karena kandungan yang dimiliki bawang putih mampu meningkatkan kadar seretonin dalam otak yang mampu meningkatkan sistem inteligensi otak.

Bayam

Bayam diketahui memiliki kandungan vitamin B6, B12, dan Asam folat, yang baik untuk perkembangan sistem kerja otak. Kekurangan vitamin B, dapat menyebabkan gangguan neurologi seperti salah satunya depresi yang mengganggu kesehatan.

Sementara itu, kekurangan asam folat, dapat menyebabkan kesulitan dalam berkonsentrasi dan mengingat. Oleh karena itu, kandungan asam folat sangat diperlukan untuk janin yang ada dalam kandungan.

Ikan


Protein adalah kunci penting lain yang bisa mengoptimalkan fungsi dan kerja otak, khususnya pada bagian kognitif seseorang. Hal ini karena ikan mengandung kandungan asam omega 3 yang baik untuk otak. Seseorang yang dalam tubuhnya mengandung asam omega 3, terbukti lebih baik dari segi kognisi dan lebih mampu merekam memori secara visual. (art)

Minyak Ikan Tak Punya Manfaat untuk Otak, Benarkah?
![vivamore=" Baca Juga
Tiga Nutrisi untuk Jaga Kemampuan Otak
:"]



[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya