Cara Ampuh Cegah Kanker Payudara

Ilustrasi kanker payudara.
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Ladies, seberapa sadar Anda akan ancaman kanker payudara yang bisa merusak hidup? Kesadaran akan ancaman penyakit mematikan ini, adalah hal penting untuk ditanamkan. Pasalnya, gejala dari penyakit ini bisa datang tiba-tiba tanpa ada peringatan sebelumnya.

Untuk itu, tindakan pencegahan adalah hal utama yang harus dilakukan. Selain melakukan deteksi dini, beberapa hal berikut juga bisa dilakukan sebagai terapi sederhana, pencegah risiko kanker payudara. Ini ulasannya menurut Times of India:

Beres-beres rumah

Untuk para ibu rumah tangga, sebaiknya janganlah menyerahkan urusan kebersihan rumah pada asisten rumah tangga saja. Cobalah untuk melakukan sendiri segala aktivitas yang berkaitan dengan kebersihan rumah.

Selain dapat membuat suasana rumah lebih nyaman, membersihkan dan membereskan rumah bisa menjadi salah satu cara mencegah pertumbuhan sel kanker, khususnya kanker payudara.

"Membersihkan dan membereskan rumah bisa menjadi sebuah olahraga untuk para ibu rumah tangga, yang bisa mengurangi sel-sel jahat yang memicu pertumbuhan tumor dan sel kanker," ujar Eluned Hughes, kepala pusat penyembuhan kanker payudara di Inggris.

Menyusui

Salah satu anugerah yang dimiliki wanita, ialah bisa memiliki momongan, dan memberikan ASI eksklusif pada si buah hati, agar nutrisi dan gizi seimbang tercukupi. Namun, tidak hanya memberikan manfaat sehat untuk sang bayi, menyusui ternyata juga bisa memberikan manfaat untuk sang ibu.

Hal ini dibuktikan oleh penelitian yang menyatakan bahwa wanita yang menyusui terbukti memiliki 5 persen lebih sedikit risiko terkena serangan penyakit ini.

Akurat Deteksi Kanker Payudara dengan Metode MBI

Para peneliti dari Pusat Penelitian Kanker di Amerika Serikat juga menyatakan bahwa semakin lama seseorang menyusui, maka akan semakin sedikit kemungkinan orang tersebut mengidap penyakit parah ini. Selain itu, menyusui juga bisa melancarkan peredaran darah yang baik untuk kesehatan sang ibu.

Serap sinar matahari

Selain diketahui dapat memberikan manfaat sehat pada kulit, sinar matahari juga bisa memberikan manfaat lain bagi wanita, yakni mencegah wanita terkena risiko kanker payudara.

Masih berasal dari satu sumber, yakni vitamin D hasil berjemur di bawah paparan sinar matahari pagi, bisa mematikan sel kanker dan mencegah pertumbuhannya dalam tubuh.

Namun, sinar matahari yang baik hanyalah dari pukul 6 - 9 pagi, jadi sebaiknya manfaatkanlah waktu tersebut untuk berjemur. Karena matahari siang hari, justru bisa mendatangkan kanker kulit yang berbahaya bagi Anda.

Tidur teratur

Yang juga sederhana namun tak kalah penting untuk mencegah risiko penyakit kanker payudara yang membayangi kehidupan wanita adalah tidur yang cukup dan seimbang. Kualitas tidur, memengaruhi kualitas tubuh yang dimiliki seseorang. Untuk itu, waktu tidur haruslah disesuaikan.

Untuk para wanita, sebisa mungkin jangan tidur terlalu larut malam, karena menurut penelitian yang dilakukan di Denmark membuktikan bahwa wanita yang bergadang di malam hari, memiliki risiko terkena kanker payudara dua kali lebih besar. (one)

11 Cara untuk Cegah Kanker Payudara
![vivamore=" Baca Juga
Ini Cara Kenali Gejala Kanker Payudara
:"]


[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya