Aturan Minum Jus untuk Penderita Artritis

Ilustrasi tulang.
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Mendengar kata jus, hal yang langsung terbesit dalam pikiran adalah minuman sehat yang bisa dikonsumsi setiap saat, agar tubuh kembali bugar. Namun, jus tidak selalu berarti sehat dan segar, karena ada beberapa kandungan buah dan sayur yang jika diolah menjadi jus, malah memiliki dampak negatif.

Khususnya untuk Anda yang mengidap penyakit tulang dan sendi, seperti artritis. Untuk itu, dibutuhkan beberapa aturan dan tuntunan dalam menyajikan jus, agar gejala penyakit persendian yang Anda miliki tidak makin parah.

Artritis adalah gangguan yang terjadi pada sistem persendian yang menyebabkan munculnya rasa sakit, peradangan, dan pembengkakan pada beberapa bagian tubuh, khususnya daerah sekitar kaki. Meminum jus segar untuk para penderita artritis, dapat berisiko, mengingat kandungan buah dan sayur yang diolah bisa semakin memperparah gejalanya.

"Makanan yang kita asup, salah satunya jus dapat berpengaruh pada tingkat peradangan di sendi dan tubuh, yang berkaitan dengan artritis," ujar Ashley Harris, seorang nutrisionis dari Ohio University.

Dilansir dari Everyday Health, cara mengolah jus yang baik untuk penderita artritis, ialah dengan mengombinasi beragam buah dan sayur.

"Komposisi sayur dan buah dalam jus yang dibuat seharusnya 80:20. Perbanyak sayur, kandungannya bisa mengurangi reaksi peradangan sendi,” ujar Ashley.

Presdir P&G: Konsumen Adalah Bos

Anda bisa mencampur beberapa campuran seperti jahe dan madu, yang melipatgandakan khasiat jus untuk kesehatan sendi Anda.

Selain itu, tambahkan unsur protein dalam jus, agar kesehatan tulang bisa terjamin. Beberapa bahan seperti yogurt bisa dipilih. Selain dapat meningkatkan kualitas persendian, kandungan yogurt juga bisa menyeimbangkan kadar gula dalam darah, yang baik untuk kesehatan tubuh dan menjauhkan dari diabetes.

Yang terpenting, menurut Ashley, tetap menjaga kebersihan buah dan sayur yang digunakan. Pastikan buah dan sayur yang dikonsumsi tidak mengandung pestisida dan bahan kimia berbahaya.

Belilah buah organik yang sehat dan segar meski sudah diolah, hal yang juga penting ialah meminum jus dalam keadaan segar, karena kandungan nutrisinya bisa cepat hilang jika tidak segera dinikmati. (art)

![vivamore="Baca Juga :"]

Sah! Putri Isnari Resmi Menikah dengan Abdul Azis



Heboh Ibu di Maros Aniaya Bayinya Sambil Direkam, Diduga Kesal karena Suami Pergi
[/vivamore]
Fang Cheng Bao Super 9 / Bao 9

BYD Pamer Mobil Super Canggih, Bodinya Furutistik

Raksasa otomotif asal China, BYD melalui merek premiumnya Fang Cheng Bao, meluncurkan tiga kendaraan listrik baru pada Konferensi Musim Semi Fang Cheng Bao. Dua di antara

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024