Sembarang Pakai Lensa Kontak Bisa Rusak Kornea

Lensa kontak.
Sumber :
  • istockphoto

VIVA.co.id - Lensa kontak, adalah salah satu hal yang kini sulit dipisahkan dari wanita, khususnya remaja. Ia dipakai untuk menunjang penampilan. Ya, penggunaan lensa kontak kini telah bergeser dari kebutuhan kesehatan, menjadi kosmetik yang digunakan untuk gaya.

Tanpa disadari, penggunaan lensa kontak sebagai kosmetik, bisa membahayakan kesehatan mata. Apalagi jika yang digunakan adalah lensa kontak warna yang dipakai tanpa rujukan dokter.

Menghindari Iritasi saat Gunakan Lensa Kontak

Hal ini dinyatakan dr. Yulia Aziza, Sp.M, Humas Perhimpunan Dokter Spesialis Mata (PERDAMI), yang menyatakan bahwa penggunaan lensa kontak pada mata, seharusnya terlebih dahulu dikonsultasikan kepada dokter mata.

"Penggunaan lensa kontak yang sembarangan, apalagi sebagai kosmetik, bisa menimbulkan gangguan yang membahayakan," ujarnya, saat ditemui di seminar Prioritaskan Kesehatan dan Keindahan Mata di Jakarta, Rabu, 15 April 2015.

Sebelum menggunakan lensa kontak warna, sebaiknya Anda mengetahui kondisi mata secara medis, untuk menentukan lensa seperti apa yang bisa digunakan. "Tidak semua orang bisa menggunakan lensa kontak, jadi harus diperiksa terlebih dahulu," ungkapnya.

Namun sayangnya, banyak orang yang menggunakan lensa kontak warna, tidak mengindahkan standar kesehatan sebelum menggunakan lensa kontak, khususnya yang digunakan sebagai kosmetik. Selain itu, banyak juga produk-produk lensa kontak yang beredar dengan harga murah, namun tidak terdaftar dan belum terjamin keamanannya.

"Risiko yang bisa terjadi bila menggunakan lensa kontak warna yang tidak bagus, pengurangan oksigen di mata, mata kering, hingga rusaknya kornea," tambah Aziza

Azizah menyatakan, untuk yang ingin menggunakan lensa kontak, apalagi yang warna, hal-hal yang harus diperhatikan dalam memilih lensa kontak ialah, kandungan oksigen yang banyak, dan bahan yang digunakan untuk membuat lensa kontak. Selain itu, selalu rawat kebersihan dan kehigienisan lensa, agar kesehatan mata terjaga.

Tips Memilih Lensa Kontak yang Baik
![vivamore=" Baca Juga
Ramalan Zodiak Asmara Minggu Ini 13-19 Mei 2024, Aries: Bakal Temukan Banyak Pengagum
:"]



[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya