Empat Makanan yang Ampuh Menghalau Peradangan

Ilustrasi ceri
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Peradangan atau inflamasi menjadi penyakit yang menakutkan.Bagaimana tidak, peradangan bisa membuat kekacauan pada sistem tubuh manusia. Gejalanya seringkali ditunjukkan dengan warna merah di kulit, rasa panas, bengkak, dan sakit di area tubuh tertentu.

Dikutip dari HuffingtonPost, untungnya ada makanan alami yang dapat membantu penyembuhan, bahkan mencegah peradangan secara sistemastis. Berikut makanan yang dimaksud:

Ceri

Buah manis ini adalah obat ampuh melawan peradangan. Sebuah studi terbaru yang dipublikasikan dalam Journal of Nutrition mengatakan bahwa, makan ceri manis secara signifikan dapat mencegah beberapa tanda peradangan, termasuk protein C-reaktif dan Interluekin-18. Secangkir ceri memiliki kandungan 90 kalori dan 3 gram serat. Untuk menikmati buah super ini, cukup dibilas dan bisa dimakan langsung atau dijus.

Kacang-kacangan

Kenari, buncis, kacang polong dan kacang-kacangan lainnya kaya akan serat. Penelitian telah dilakukan di Penn State University yang melaporkan bahwa mengkonsumsi 1,5 kacang-kacangan per hari membantu mengurangi penanda inflamasi dan meningkatkan resistensi insulin.

Mangga


Ia tidak hanya menyimpan nutrisi baik, penelitian menunjukkan bahwa buah tropis ini juga dapat menjadi obat melawan radang yang ampuh. Salah satu penelitian menjelaskan bahwa zat dalam mangga dapat menghambat respon inflamasi pada sel kanker payudara. Selain potensi manfaat anti-inflamasi, mangga merupakan sumber lebih dari 20 vitamin dan mineral.

Jahe

Sebenarnya banyak bumbu dan rempah memiliki sifat anti-inflamasi, ada lebih dari 2000 makalah, yang diterbitkan tentang jahe dalam literatur medis. Menjadikannya rempah ini yang paling ekstensif untuk dipelajari. Kemampuan jahe dapat merespons kekebalan tubuh juga baik.

Viral Emak-emak di Taput Dituduh Curi Ketang Dihukum Telanjang, Begini Kata Polisi

Jahe juga membantu mengurangi rasa sakit dan kekakuan pada sendi sebesar 40 persen. Penelitian juga menyelidiki peran jahe untuk membantu mengurangi peradangan saraf, dan penurunan memori.


BYD Pajang Mobil Konsep Ocean-M di Auto China 2024
Ilustrasi suara serak.

Cara Ampuh Mengobati Masalah Peradangan

Peradangan dapat menghambat aktivitas harian, karenanya segera atasi.

img_title
VIVA.co.id
20 Oktober 2015