Cara Menurunkan Berat Badan Pasca Melahirkan

Ilustrasi makan salad
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
Terungkap, Menu Makanan Para Juara Olimpiade
- Menurunkan berat badan setelah masa kehamilan adalah salah satu hal besar yang harus dicapai oleh banyak wanita. Sebab, membakar kalori ekstra dan lemak yang diperoleh selama masa kehamilan, termasuk pekerjaan yang cukup sulit bagi semua wanita hamil.

Lima Cara Makan Ini Bantu Turunkan Berat Badan
Namun sebenarnya, usaha untuk menurunkan berat badan ini dapat menjadi mudah karena ada banyak tips sederhana yang dapat Anda lakukan.

Alasan Harus Makan Pisang Lebih Banyak
Berikut cara mudah untuk menurunkan berat badan pasca kehamilan, seperti dilansir dari laman Boldsky.

Pola makan

Seorang ibu yang menyusui membutuhkan sekitar 600 kalori lebih banyak untuk memberi makan bayinya. Hindari mengonsumsi lemak berat dan makanan berminyak untuk mendapatkan tambahan 600 kalori. Anda dapat memenuhinya dengan serat makanan, sayuran dan buah-buahan sebagai gantinya. Ini adalah cara terbaik untuk menurunkan berat badan kehamilan.

Memakai stagen

Ini adalah tips cepat untuk menurunkan berat badan setelah kehamilan. Beberapa hari setelah melahirkan, Anda dapat menggunakan stagen atau sabuk perut untuk mengikat lemak berlebih yang terakumulasi di perut. Ini akan mengecilkan otot perut dan mengurangi ukuran otot perut yang melebar.

Sering Ngemil

Manjakan diri Anda dengan kebiasaan mengemil. Karena hal ini akan mengurangi nafsu Anda pada makanan besar. Camilan pun harus dipilih, seperti buah-buahan kering, smoothie yoghurt, dan buah-buahan yang mengandung banyak air seperti melon air, apel, stroberi dan jeruk.

Lakukan Kegiatan

Bayi Anda adalah teman terbaik agar bisa melakukan banyak kegiatan. Anda dapat bermain dengan dia sambil membakar kalori dan menurunkan berat badan. Bayi Anda juga akan menikmati kegiatan tersebut. Ini adalah salah satu tips yang menyenangkan untuk menurunkan berat badan setelah kehamilan.

Berjalan cepat

Bila tidak punya banyak waktu untuk latihan, Anda bisa mencoba berjalan cepat selama 15 menit. Carilah waktu saat si kecil tertidur pulas, agar tidak mengganggu. Ini akan membantu banyak dalam menurunkan berat badan Anda.

Hindari Makanan tidak sehat

Saat kehamilan Anda harus menghilangkan semua keinginan untuk mengonsumsi makanan tidak sehat. Ini pun yang harus terus dilakukan setelah masa kehamilan. Hentikan semua junk food dan makanan olahan. Anda harus mengontrol keinginan tersebut terlebih setelah kehamilan karena Anda kini memiliki berat badan yang berlebih.

Makan Sup Ayam dan Sayuran

Untuk menurunkan berat badan dengan cara yang sehat setelah kehamilan, cobalah mulai konsumsi sup. Sup kaya protein dan vitamin. Pada saat yang sama tidak menambahkan lemak ke tubuh Anda. Malanan ini juga bermanfaat untuk kelancaran ASI karena menyediakan semua nutrisi penting.

Hindari Semua Makanan Olahan

Hindari roti putih, mie, pasta, makanan ringan berminyak, hingga nasi putih. Sebaliknya, konsumsilah beras merah, roti gandum dan oat. Makanan itu kaya serat dan vitamin. Makanan olahan tidak sehat, karena dapat membuat berat badan Anda justru akan semakin bertambah. (ase)


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya