Rajin Sikat Gigi Kurangi Risiko Serangan Jantung

Ilustrasi sikat gigi
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
Ini 6 Cara Buat Suami Bertahan di Atas Ranjang
- Seberapa rajin Anda membersihkan gigi setiap harinya? Jika masih malas, sebaiknya ubahlah kebiasaan tersebut. Sebab, menyikat gigi secara rutin tidak hanya mampu menyehatkan rongga mulut dan gigi, namun melindunginya dalam jangka panjang. Ternyata, menyikat gigi secara teratur, bisa melindungi kesehatan jantung.

Kenapa Vagina Wanita Bau Seperti Ikan Amis Busuk?

Ya, menyikat gigi rutin, ternyata memang bisa dilakukan untuk mencegah risiko terkena serangan jantung. Hal ini dibuktikan sebuah penelitian terbaru yang merunutkan keluhan penyakit rongga mulut, dengan gangguan kardiovaskuler, yang salah satunya merupakan serangan jantung. Gangguan ini, ditemui banyak terjadi pada pria dengan usia muda.
Pelita Air Klaim Tak Ada Kendala saat Angkut Penumpang Arus Balik Lebaran 2024


Senjata di balik penemuan ini ialah kandungan lipoksin dan resolvin, yang terdapat dalam pasta gigi, yang terbukti bisa menjadi obat anti peradangan pada bagian tongga mulut dan gigi, serta pada bagian kardiovaskuler. Sesuatu yang kemudian bisa menyelamatkan kerusakan pada kedua bagian tersebut.


Kebaikan dari kandungan ini juga tidak menyerang sistem imun, sehingga tidak membahayakan imunitas tubuh saat menggunakannya. Dilansir dari
Times of India
, sumber dari gangguan kardiovaskuler, yakni peradangan, bisa dicegah dengan dua kandungan tersebut, sehingga risiko terkena penyakit bisa ditekan.


Hal ini juga dibenarkan oleh Dr. Thomas Van Dyke dari Forsyth Institute, Amerika Serikat, yang menyatakan bahwa mikroba dalam mulut bisa memengaruhi tingkat peradangan pada jantung, yang bisa menentukan kesehatan jantung tersebut.


Jadi, sama sekali tidak ada ruginya jika rutin membersihkan gigi. Tidak hanya melindungi kebersihan dan kesehatan mulut dan gigi dari serangan bakteri, menyikat gigi juga bisa menyelamatkan nyawa dari gangguan penyakit berbahaya.


Untuk itu, Thomas berpesan, agar kesehatan gigi selalu dijaga dan diperlihara, agar peradangan tidak mudah terjadi, dan risiko terkena gangguan penyakit kardiovaskuler bisa ditekan sejak dini. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya