Telapak Tangan Sering Berkeringat, Berbahaya Kah?

Ilustrasi telapak tangan
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Keringat, adalah salah satu produk hasil sistem metabolisme atau pembuangan kotoran dalam tubuh. Melalui keluarnya keringat, maka racun dan zat-zat berbahaya dalam tubuh juga bisa keluar bersamanya.

Berkeringat, juga bisa menjadi pertanda dari pembakaran kalori dalam tubuh berjalan baik, sehingga sisanya keluar lewat keringat. Namun, bagaimana jika keringat yang keluar berlebihan, dan hanya pada bagian-bagian tertentu? Apakah hal tersebut tanda adanya gangguan kesehatan?

Menjawab pertanyaan ini, dr Tri Ari Wibowo, dari Meetdoctor memberi penjelasan terperinci. Menurutnya, berkeringat terlalu banyak bukan berarti adanya gangguan kesehatan.

"Belum tentu hal ini merupakan gangguan medis, karena bisa saja merupakan hal normal," ungkapnya. Keringat berlebih, bisa saja muncul karena seseorang mengurangi kadar garam dalam tubuh, sehingga tidak ada senyawa pengikat air, akibatnya air ikut terbawa sistem pembuangan dalam bentuk urine dan keringat.

Dalam sebagian besar keadaan, berkeringat adalah hal yang alami dan sehat, namun beberapa orang justru berkeringat dalam jumlah lebih besar dari yang dibutuhkan. Ini penting untuk mendinginkan tubuh, kondisi ini biasa dikenal dengan istilah hiperhidrosis.

Ia merupakan bentuk keringat berlebihan pada tubuh yang berlangsung dalam kadar sering dan konstan. "Hiperhidrosis biasanya berada pada telapak, baik tangan atau kaki, juga ketiak," tambah Aria.

Hiperhidrosis, menurut Aria, selain mengganggu kegiatan sehari-hari yang normal, juga dapat menyebabkan kecemasan sosial alias rasa malu.

Bakal Hijrah ke IKN, Presiden Prabowo dan Wapres Gibran Pakai Mobil Dinas Listrik?

"Hal ini tentunya akan mengurangi percaya diri yang dimiliki seseorang, bila menjadi pusat perhatian karena keringat yang berlebihan. Hal inilah, yang membuat mereka yang mengalaminya, memilih diam dan tidak mengonsultasikan keluhannya,” ujarnya.

Untungnya penanganan terhadap hiperhidrosis tak serumit yang Anda bayangkan. Jangan khawatir, karena penyakit ini dapat disembuhkan, namun dalam kasus yang parah, proses bedah dapat sangat efektif untuk menghentikan keringat.


Bea Cukai Langsa Aceh Sita Onderdil Harley Davidson
Mayat dalam koper

Geger! Warga Temukan Mayat Dalam Koper Hitam di Cikarang Bekasi

Warga Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, dibuat geger dengan adanya penemuan mayat yang tersimpan dalam koper.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024