Lima Manfaat Mandi dengan Air Dingin

Ilustrasi mandi
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
5 Fakta Menarik Inter Milan Juara Serie A Musim 2023/2024
- Ketika lelah sehabis menjalani kesibukan padat, mandi dengan air hangat pasti menyenangkan. Namun, bukan berarti mandi dengan air dingin keluar dari pilihan. Sebab mandi dengan menggunakan air dingin, ternyata juga memiliki segudang manfaat untuk tubuh. Apa saja? Ini dia ulasannya menurut Times of India.

Dibaca 43 Juta Kali, Cerita The Perfect Strangers Ternyata Terinspirasi dari Sopir Taksi

Meningkatkan kesuburan pria
Viral Pegawai Minimarket Ribut dengan Tukang Parkir Liar, Netizen: Premanisme Terselubung


Salah satu manfaat mandi menggunakan air dingin, adalah meningkatnya kesuburan bagi kaum Adam. Hal ini karena, mandi dengan menggunakan air hangat, bisa memengaruhi jumlah dan kualitas sperma, yang dapat menurun dengan suhu air yang semakin panas. Dengan air dingin, selain menghemat listrik, mandi juga bisa lebih segar, dan manfaatnya berguna bagi kesehatan seksual.


Membersihkan racun tubuh


Mandi dengan air dingin, ternyata juga bisa melancarkan aliran darah, yang dapat mengeluarkan racun dalam tubuh, melalui sistim metabolisme. Dengan sirkulasi darah baik, risiko mengalami gangguan darah tinggi, maupun rendah juga terhindar. Mandi dengan air dingin, juga bisa membuka pori-pori kulit, yang bisa mengangkat kuman yang menempel di permukaan kulit.


Perkuat Imunitas


Anda ingin memerbaiki sistim imun? Mandi dengan air dingin bisa jadi salah satu solusi. Hal ini karena mandi dengan air dingin bisa merangsang produksi sel darah putih, yang baik untuk perkuat sistim imunitas. Imunitas yang kokoh, kemudian akan mengindarkan kita dari segala bentuk penyakit yang mengancam kesehatan.


Perkecil risiko cidera olahraga


Dengan kandungan sel darah putih dalam tubuh karena mandi dengan air dingin, tubuh juga bisa terlindung dari cidera yang terjadi saat berolahraga. Selain itu, air dingin juga bisa melenturkan otot-otot tubuh yang tegang saat berolahraga, sehingga mengurangi risiko terkena keram dan cidera lainnya yang membahayakan.


Keuntungan tambahan


Mandi dengan air dingin, juga bisa menyembuhkan keluhan sakit punggung, menyelamatkan dari risiko gagal ginjal, dan memerbaiki sistim saraf dalam tubuh. Jadi tidak ada ruginya bukan, sedikit menggigil saat mandi?


(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya