Tips Ampuh Sembuhkan Gusi Berdarah

ilustrasi sakit gusi
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Gangguan pada rongga mulut, adalah salah satu hal yang menyebalkan. Mengingat mulut adalah salah satu organ tubuh yang pertama kali dilihat orang lain dari kita.

Salah satu yang biasanya terjadi pada mulut adalah gejala gusi berdarah. Gejala ini bisa disebabkan kurangnya vitamin dalam tubuh, dehidrasi, atau bakteri yang menempel dan menetap dalam rongga mulut.

Untuk itu, dibutuhkan beberapa cara ampuh yang bisa digunakan untuk menyembuhkan gejala ini. Apa saja? Berikut ulasannya menurut laman Times of India.

Minyak cengkeh

Mencari bahan alami penyembuh infeksi? Minyak cengkeh salah satu rahasianya. Minyak cengkeh memiliki kandungan baik, yang bisa mencegah terjadinya peradangan dalam mulut dan gusi, yang membuat gusi menjadi berdarah.

Caranya mudah, cukup lumuri gusi yang radang dengan minyak cengkeh. Minyak ini akan menghentikan peradangan, dan mencegah penyebaran radang ke bagian lain di mulut.

Lidah buaya

Selain terkenal dengan khasiatnya pada rambut, lidah buaya juga memiliki khasiat khusus bagi kesehatan mulut dan gigi. Lidah buaya juga memiliki kandungan baik yang bisa menghentikan peradangan di gusi yang menyebabkan gusi berdarah.

Stafsus Bantah Erick Thohir Perintahkan BUMN Borong Dolar AS, Ini Penjelasannya

Cukup potong kecil lidah buaya, dan pijatkan ke area gusi yang radang dan berdarah. Getah lidah buaya ini, bermanfaat untuk menghentikan peradangan yang terjadi pada bagian mulut, dan menyeharkan rongga mulut Anda.

Air garam

Berkumur dengan air garam, bisa mejadi salah satu cara mudah menghilangkan gusi berdarah. Air garam ini, memiliki khasiat yang ampuh mengurangi rasa sakit, perih, serta menghentikan peradangan pada gusi.

Kumur dengan air hangat, dan lakukan sebanyak 3 kali sehari. Pastikan tidak berkumur dengan menggunakan air panas, karena bisa memicu peradangan dan irirtasi yanglebih parah pada bagian gusi maupun lidah.

Buah dan sayur segar

Mengonsumsi buah dan sayur segar, adalah salah satu bentuk pencegahan dari gejala gusi berdarah atau gangguan mulut lainnya. Hal ini karena, buah dan sayur segar memiliki kandungan vitamin, khususnya vitamin C, yang bisa menyehatkan gusi dan mulut.
 
Namun hindarilah beragam jenis buah yang bertekstur keras, seperti apel, yang bisa menyebabkan iritasi dan gangguan pada gusi.

Standar hidup Virginia Barat

10 Negara Bagian Amerika Serikat dengan Standar Hidup Terburuk, Berjuang Melawan Kemiskinan

Harapan hidup rata-rata penduduk Louisiana kurang dari 76 tahun, terendah ke-4 di Amerika Serikat. Negara ini mempunyai banyak komunitas yang berbahaya, mencatat 11 pembu

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024