Olahraga Ini Bisa Bikin Tinggi Badan Menyusut?

Ilustrasi olahraga bersama pasangan.
Sumber :
  • VIVAlife
VIVA.co.id
Manfaat Sehat Jalani Peregangan Tubuh Secara Rutin
- Berolahraga adalah jalan yang sehat dan tepat untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Dengan berolahraga secara rutin, tubuh akan sehat, dan terhindar dari ancaman penyakit berbahaya. Namun, tahukah Anda, berolahraga secara berlebihan ternyata dapat menyebabkan efek samping pada tubuh. Apakah olahraga itu? 

Olahraga yang Baik untuk Dapatkan Jantung Sehat
Lari Marathon. Ya, olahraga ini adalah jenis olahraga yang sedang digandrungi banyak orang.

Begitu banyak komunitas lari tersebar di seluruh wilayah Indonesia, yang mewadahi para pecinta lari marathon yang semakin banyak. Namun, ternyata olahraga inilah, yang bisa memberikan efek pada tubuh, bila dilakukan berlebihan. Apakah dampaknya? 

Pengakuan Dian Sastro soal Bajunya yang Longgar
Dilansir dari Daily Mail, melakukan lari marathon secara berlebihan, ternyata bisa membuat tubuh menciut, alias lebih pendek dari sebelumnya. "Berlari marathon, dapat menempatkan tubuh dalam keadaan yang sangat intens, apalagi jika dilakukan di cuaca yang sangat panas," ujar Dr. Agim Bershiri, seorang tenaga medis dari Amerika Serikat.

Agim mengatakan, kondisi ekstrem yang terjadi saat olahraga berlebihan, dapat menyebabkan kerja organ tubuh yang juga berlebihan. Lama-kelamaan, organ dalam tubuh akan mengalami reduksi, terutama pada bagian tulang. 

"Seorang pelari marathon, bisa menyusut sebanyak 1 cm, jika dibandingkan saat sebelum dan sesudah melakukan marathon. Tapi, jangan cemas, tinggi badan akan kembali seperti semula, setelah beberapa saat dari marathon," ujar Agim, menjelaskan. Jadi tak ada yang perlu dicemaskan tentang penyusutan tinggi badan yang terdengar aneh, namun bisa terjadi ini. 

Selain itu, di balik efek samping ini, berolahraga lari, bisa memberikan dampak lain yang baik bagi tubuh, yakni menurunnya berat badan dan tekanan darah dalam tubuh. Hal ini tentunya dapat menyelamatkan Anda dari beberapa jenis penyakit seperti diabetes, obesitas, hingga gangguan kardiovaskuler. Untuk itu tetaplah menjaga rutinitas olahraga Anda, dan jaga keseimbangannya, agar kesehatan dapat selalu terjaga.  (one)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya