Amankah Menenggak Air Minum yang Punya `Rasa`

Ilustrasi minum air putih
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
Piala Asia U-23: Vietnam ke 8 Besar, Malaysia Gugur
- Air minum adalah elemen penting dalam tubuh manusia. Sesuatu yang pasokannya harus dicukupi, agar kesehatan dan keseimbangan tubuh tetap terjaga. Untuk itu konsumsi air putih harus diperhatikan.

Prediksi Serie A: AC Milan vs Inter Milan

Masalahnya, terkadang air minum yang telah dimasak sekalipun, baik itu hasil air tanah atau PAM, kadang masih memiliki "rasa" sesuatu yang sering disebut
Jenderal TNI Maruli Ungkap Fakta Serius Ancaman Pertahanan Indonesia
after taste . Jadi, air sedikit memiliki rasa di lidah, sesuatu yang membuat orang bertanya-tanya, apakah ini aman?


Dokter Tri Ari Wibowo, dari laman
meetdoctor.com
, menjelaskan, rasa yang muncul pada air minum, tidak lantas menandakan air tersebut berbahaya. "Namun tetap harus diperhatikan," ujarnya.


Ari memandang, rasa yang muncul pada air putih, bisa disebabkan kandungan mineral yang dikandung air. "Beberapa jenis mineral, memang bisa memunculkan rasa sedikit manis setelah meminumnya," ungkapnya.


Namun, Ari menilai, munculnya rasa pada air tanah yang dimasak juga bisa menandakan kandungan mineral yang berlebihan dalam air.


"Kadar mineral yang berlebihan dalam tubuh, bisa menyebabkan berbagai gejala, seperti pusing, mual, diare, hingga kerusakan ginjal, berbahaya bukan?" ujar Ari.


Ancaman bakteri, adalah hal yang selanjutnya harus diperhatikan. Karena, beberapa jenis bakteri yang terkandung dalam tanah tidak lantas mati dalam proses pemasakan.


Selain itu, air minum bisa menjadi sangat berbahaya karena kandungan logam yang tak sengaja terbawa dan terminum. Oleh karena itu, setelah memasak air mentah yang berasal dari tanah, filter air dengan menggunakan saringan karbon aktif, sehingga kontaminasi yang terjadi dalam air minum dapat dinetralisasi. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya