Ini Tanda-tanda Anda Terkena Diabetes

Ilustrasi Diabetes
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Diabetes adalah penyakit yang sangat akrab di telinga masyarakat. Bagaimana tidak, data menyebut Indonesia masuk peringkat 4 besar kategori negara dengan penderita dibetes. Penyakit ini berbahaya namun angkanya terus meningkat.

Yang lebih parah, diabetes bisa menyebabkan komplikasi lain yang berbahaya, seperti kerusakan mata, kerusakan ginjal, hingga gangguan stroke yang menyebabkan kematian.

Momen Presiden Joko Widodo jadi Saksi Nikah Anak Wamenaker Afriansyah Noor

Hal ini dibenarkan Dr Mohammad Firaz, dokter ahli diabetes yang juga mengidap penyakit itu. Firaz mengatakan penting bagi kita untuk mengenali gejala awal dari diabetes.

Lantas apa saja gejala awal dari Diabetes itu?

Mudah mengantuk

Seseorang dengan diabetes, terbukti akan menjadi cepat mengantuk. Hal ini karena kandungan gula darah yang tinggi akan membuat organ tubuh lebih sulit mencerna makanan. “Proses cerna yang ekstra, akan membuat energi terkuras dan tubuh menjadi lemas,” ujar Firaz ditemui di Jakarta, Kamis, 30 April 2015.

Mudah lapar

Kadar gula darah yang tinggi, juga bisa membuat kita mudah lapar. Hal ini disebabkan makanan mudah masuk namun mudah keluar. Sesuatu yang akan membuat penderitanya mudah merasa lapar.

Firas menegaskan, pilihan menu bisa dijadikan siasat untuk mengendalikan gula darah agar makanan lebih lama bertahan di dalam tubuh. Untuk itu, asuplah makanan berserat agar bisa memerlambat penyerapan lemak berlebih di tubuh.

Kulit gatal

Yang ini mungkin membuat Anda bingung, apa hubungan kulit gatal dengan gejala diabetes? Firas menjelaskan penderita diabetes cenderung memiliki sistim imun yang terus melemah. Hal inilah yang akan membuat bakteri mudah masuk dan berkembang, sesuatu yang kemudian menyebabkan infeksi maupun keluhan lain seperti gatal-gatal di kulit.

Firas menjelaskan, gejala di atas bukanlah patokan bagi yang ingin terhindar dari diabetes. Karena, tindakan pencegahan tetap menjadi solusi utama. "Ubahlah gaya hidup dengan memerhatikan apa yang Anda makan, karena you are what you eat," kata dia. (ren)

Fairuz A Rafiq Beberkan Kondisi Terkini Usai Dilarikan ke RS Bersama Buah Hati
Ilustrasi Diabetes

4 Mitos Salah Tentang Diabetes

Dikiranya kalau suntik insulin itu sudah dekat-dekat meninggal.

img_title
VIVA.co.id
14 November 2015