Benarkah Insomnia Membuat Wajah Tampak Lebih Tua?

Ilustrasi insomnia
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
Drama Korea Crash Akan Tayang Perdana di Disney+ Hotstar pada 13 Mei 2024
- Pertanyaan tentang insomnia yang paling sering ditanyakan ke ahli medis adalah, seseorang yang tidak memunyai insomnia, apakah suatu saat tiba-tiba bisa terkena?

Meninggalnya Babe Cabita Ternyata Bikin Para Sahabat Iri, Kok Bisa?

Untuk menjawab hal ini, dokter Rahajeng dari laman Meetdoctor menjelaskan, bahwa Insomnia dapat dialami oleh siapapun dan kapanpun. Terlebih risiko insomnia itu memang akan meningkat seiring dengan pertambahan usia.
Unilever Indonesia Cetak Laba Bersih Rp 1,4 Triliun Kuartal I-2024


“Lalu ada pula yang bertanya, apakah insomnia bisa memengaruhi kondisi fisik menjadi lebih tua? Saya selalu terangkan, bahwa stres maupun depresi yang timbul akibat insomnia, akan memicu pelepasan zat radikal bebas dalam tubuh, sehingga akhirnya mempercepat proses penuaan,” ujar sang dokter.


Waktu terbaik bagi tubuh untuk mengalami regenerasi adalah pukul 22.00-03.00, terganggunya siklus tidur akan mengakibatkan regenerasi sel tubuh tidak sempurna.


Yang juga perlu diketahui, karena sulit tidur, penderita insomnia umumnya akan merasa ngantuk di pagi atau siang hari. Emosinya labil, mengalami penurunan konsentrasi dan memori, nyeri kepala, serta gangguan lambung.


Jangan lupa ikuti program #dokterVIVA setiap hari Rabu pukul 10.00 WIB di Twitter @VIVAlife


(ren)


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya