Mengenal Gejala dan Pencegahan Asam Lambung

Ilustrasi asam lambung
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Dunia perfilman Indonesia kembali berduka. Setelah kemarin aktor senior Alex Komang berpulang, pagi ini, Jumat 15 Mei 2015 Didi Petet mengembuskan napas terakhir.

Tujuh Makanan Ini Mampu Jaga Keseimbangan Hormon

Kabar menyebut, pemeran Emon dalam film Catatan si Boy ini wafat akibat penyakit asam lambung. Lalu, seperti apa sebenarnya gejala penyakit asam lambung?

Dokter Femmy Nurul Akbar Sp.DP, seorang Spesialis Penyakit Dalam Konsultan Gastroenterohepatologi dari Rumah Sakit Pondok Indah, Jakarta menjelaskan, asam lambung adalah salah satu komponen yang memang sudah ada dalam lambung manusia.

“Yang menjadi masalah, adalah kadar dan jumlahnya yang berlebihan, yang bisa menyebabkan masalah kesehatan itu terjadi. Asam lambung berlebih, bisa menyebabkan peradangan pada lambung, dan menyebabkan naiknya asam lambung ke kerongkongan, sesuatu yang dikenal dengan istilah riflaks,” ujar Femmy.

Peradangan karena asam lambung biasanya ditandai dengan rasa nyeri pada ulu hati, yang disertai mual, muntah, serta kembung. Sedangkan asam lambung riflaks, akan menimbulkan rasa sesak dan sakit pada dada, yang gejalanya mirip serangan jantung.

Kadar asam lambung berlebih, bisa menyebabkan kematian apabila sudah terjadi pendarahan parah, sehingga memunculkan bakteri yang bisa mencemari organ lain di tubuh.

"Bila sudah parah, penderita biasanya akan mengalami muntah darah, dan bisa juga ditandai feses yang berubah kehitaman," ujarnya. Bila sudah terjadi gejala seperti ini, Femmy menyarankan, Anda segera melakukan pemeriksaan ke rumah sakit, agar penanganannya bisa segera dilakukan. Untuk tindakan pencegahan, solusi terbaik adalah dengan mengatur pola makan, dan memilih makanan yang baik untuk dikonsumsi.

"Kurangi makanan yang bisa menghasilkan asam pada lambung seperti makanan asam, pedas, atau kopi-kopian, hal ini bisa memicu naiknya asam lambung," ujarnya. Beralihlah pada makanan yang lebih seimbang kadar nutrisinya, agar asam lambung tidak naik dan membahayakan kesehatan.

Empat Hal Pemicu Infeksi Jamur di Area Kewanitaan
Ilustrasi tempat tidur.

Aktivitas Asyik Bersama Pasangan Usai Bercinta

Salah satunya berbincang santai dengan adanya bumbu humor.

img_title
VIVA.co.id
11 Maret 2017