Mengenal Perbedaan Dua Tipe Diabetes Melitus

Ilustrasi Diabetes
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
Menu Sarapan untuk Anak Penderita Diabetes
- Diabetes melitus bukanlah penyakit yang asing bagi telinga masyarakat, mengingat angka kematian karena penyakit ini tinggi. Namun, pengetahuan mengenai penyakit ini masih minim, sehingga menimbulkan kesalahan dalam penanganan.

Penderita Diabetes, Ditemukan Pil Pengganti Suntik Insulin

Dokter Nina Amelia dari laman Meetdoctor.com menjelaskan, sebenarnya ada dua jenis diabetes yang bisa menyerang manusia, yakni tipe 1 dan tipe 2. "Sebagian besar gejalanya sama, hanya penyebab dan indikasinya saja berbeda," ungkapnya.
Ini yang akan Terjadi Ketika Makan Roti Setiap Hari


Diabetes melitus tipe 1, gangguan regulasi gula darah disebabkan karena kerusakan sel-sel akibat reaksi autoimun, sehingga produksi insulin selaku hormon pemecah glukosa dalam tubuh menurun. Sedangkan diabetes melitus tipe 2, tipe diabetes yang lebih umum dijumpai dan banyak terjadi pada pria dewasa.


Diabetes melitus tipe 2, adalah jenis diabetes yang paling sering terjadi, dan membutuhkan tindak pencegahan. Contoh tindakan pencegahan bisa dilakukan dengan cara mengonsumsi makanan sehat dan bergizi, memperbanyak aktivitas fisik, dan menurunkan berat badan. (one)


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya