Empat Kebiasaan di Kamar Mandi Ini Bahayakan Kesehatan

Ilustrasi tisu toilet
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Kamar mandi adalah salah satu tempat berkumpulnya banyak kuman dan bakteri yang bisa membahayakan kesehatan tubuh. 

Pemerintah Diminta Sediakan Jaminan Bagi Pekerja Informal

Namun sayangnya, banyak kebiasaan yang kita lakukan di kamar mandi yang justru bisa menimbulkan risiko kesehatan. 

Apa saja? Berikut ulasannya, menurut laman Times of India.

Stimulasi Otot Elektrik, Cara Baru Dapatkan Tubuh Bugar

Terlalu lama

Beberapa dari Anda, ada yang betah berlama-lama menghabiskan waktu di kamar mandi. Hal ini, ternyata salah bila terus dilakukan. Semakin lama menghabiskan waktu di kamar mandi, akan semakin memperbesar risiko penyebaran virus dan bakteri, yang pada akhirnya menyebabkan gangguan kesehatan seperti salah satunya diare.

Manfaat Sehat Jalani Peregangan Tubuh Secara Rutin

Tisu toilet habis

Tisu toilet adalah salah satu elemen yang penting dalam kamar mandi. Namun sayangnya, beberapa orang banyak yang menyepelekan keberadaan tisu ini. Padahal, dengan adanya tisu toilet, Anda bisa terhindar dari kuman dan bakteri yang bisa saja menempel di tempat duduk toilet, tombol siram, maupun gagang pintu toilet Anda.

Penggunaan mesin pengering

Sebuah penelitian di Inggris mengungkapkan bahwa udara di sekitar mesin pengering di toilet umum, mengandung bakteri dan kuman berbahaya, yang bisa menyebabkan peradangan dan iritasi pada beberapa organ seperti organ pernapasan serta pencernaan.

Kebiasaan mengelap sembarangan

Satu lagi kesalahan yang paling sering dilakukan di kamar mandi, adalah kebiasaan mengelap tangan di sembarang tempat, seperti pakaian, tas, bahkan pada kulit tubuh. Karena, kebiasaan ini bisa memberikan risiko penyebaran kuman dan bakteri yang semakin berbahaya bagi kesehatan seperti infeksi saluran pernapasan dan pencernaan. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya