Gigi Jorok Bisa Picu Empat Penyakit Berbahaya

Ilustrasi sikat gigi
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Anda mengalami masalah dengan gigi? Sebaiknya jangan dianggap remeh. Pasalnya, masalah pada gigi tak hanya menyiksa, tapi juga bisa menyebabkan gangguan kesehatan lain. Berikut ulasannya menurut Times of India.

Penyakit Kardiovaskuler

Siapa bilang sakit gigi adalah hal sepele. Faktanya, keluhan pada gigi bisa menjadi ancaman bagi tubuh. Sebab, kuman dan bakteri yang menetap lama dalam mulut, dapat memicu penyakit kardioveskuler seperti sakit jantung dan stroke.

Kepikunan

Tak hanya mengancam jantung, bakteri dan kuman di gigi yang tak terawat, juga bisa mengancam kesehatan otak. Gangguan pada gigi, bisa menghalangi bahkan menghentikan aliran darah ke otak. Hal iniah yang membuat kerja otak menurun, sehingga menyebabkan kepikunan.

Pneumonia

Pneumonia, atau gangguan paru-paru basah, salah satunya dapat disebabkan oleh bakteri. Jika kesehatan mulut tidak terjaga, maka bakteri dalam mulut akan bermutasi dan memperparah gejala sakit ini.

Gangguan kehamilan

Ibu mengandung sangat rentan terhadap penyakit yang terjadi karena perubahan hormon dan menurunnya sistim imun. Ibu mengandung, terancam risiko mengalami komplikasi pada kandungan, yang dapat berujung pada kelahiran prematur. Hal ini bisa disebabkan oleh bakteri dalam gigi dan gusi sang ibu.

Antibiotik Alami Ini Ampuh Singkirkan Berbagai Penyakit

(mus)

Rindu Itu Penyakit!

Rindu Itu Penyakit

Aku sempat mati rasa karena rindu yang tak juga menemukan jumpa.

img_title
VIVA.co.id
4 Agustus 2016